Tim Dinkes Aceh Besar Lakukan Skrining Penyakit di Warung Kopi

Kadis Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM.,M.Kes memantau langsung skrining penyakit tidak menular (PTM) yang dilaksanakan di salah satu warkop kawasan Samahani, Aceh Besar, Rabu, 3 Juli 2024. (Foto Murdani/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Besar terus berinovasi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan turun langsung ke warung-warung kopi untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Seperti halnya Rabu, 3 Juli 2024, tim Dinkes Aceh Besar bertemu dengan masyarakat di salah satu warkop di Pasar Samahani. Di warkop ini, tim dinkses melaksanakan skrining penyakit tidak menular (PTM) guna mendeteksi risiko PTM pada masyarakat secara lebih efektif.



Kadis Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM., M.Kes., menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan ke masyarakat serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi.

Dengan menggunakan alat-alat modern untuk memeriksa tekanan darah, gula darah, dan indeks massa tubuh, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatan mereka sendiri dan mendapatkan intervensi dini bila ditemukan risiko.

“Dinas Kesehatan Aceh Besar terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan skrining PTM yang bertujuan untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM di masyarakat,” ujar Anita.

Dengan berbagai upaya dan program yang terus digalakkan, Dinkes Aceh Besar optimis dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mencapai target yang telah ditetapkan. “Dengan pendekatan langsung ini juga diharapkan dapat memfasilitasi akses layanan kesehatan yang lebih mudah dan cepat,” demikian Anita.[]