Tak Sebatas Cepat

Bueng Sidom Gampong Terbaik Aceh 2024, Iswanto: Terimakasih untuk Kerja Kolektif

Pj Gubernur Aceh, Bustami disaksikan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, DR. La Ode Ahmad P. Blomno, AP., MSi, Kepala DPMG Aceh Teuku Aznal, dan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyerahkan hadiah juara I kepada Keuchik Bueng Sidom, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar atas prestasi sebagai desa terbaik tahun 2024. Penyerahan hadiah berlangsung di sela-sela Rakor Penguatan Pemerintah Gampong Tahun 2024 di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jumat pagi, 5 Juli 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Kabupaten Aceh Besar kembali mendulang prestasi fenomenal di tahun 2024. Kali ini, Gampong Bueng Sidom, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, meraih predikat sebagai Gampong atau Desa Terbaik se-Aceh Tahun 2024.

Bueng Sidom menyisihkan empat finalis lainnya dari berbagai Kabupatan/Kota se-Aceh, setelah melalui rangkaian penilaian dengan selisih nilai yang ketat.

“Ahamdulillah dan syukur pada Allah, karena di hari Jumat barakah ini Aceh Besar mendapat prestasi sebaga Gampong Terbaik se-Aceh Tahun 2024. Ini adalah prestasi puncak, setelah sebelumnya dua kali pada posisi runner up,” ujar Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, SSTP., MM kepada awak media, sejenak usai acara penyerahan hadiah oleh Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah SE MSi, Jumat pagi, 5 Juli 2024.

Pengumuman juara Gampong Terbaik se-Aceh Tahun 2024 itu dilakukan di sela sela acara Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Pemerintah Gampong Tahun 2024 di Gedung Serbaguna Setda Aceh. Acara dibuka oleh Pj Gubernur Bustami Hamzah.

Menurut Muhammad Iswanto yang mendampingi Keuchik Bueng Sidom, drh Muhammad Yanis saat menerima hadiah sebagai juara I, prestasi itu patut disyukuri, karena itu menjadi bukti sahieh jika pengelolaan dan penggunaan dana gampong, pemberdayaan ekonomi, keikutsertaan warga dalam pembangunan gampong di semua lini, hingga UMKM dan penanganan stunting menjadi yang terbaik di Aceh.

Terimakasih kepada semua stakeholders yang telah ikut membantu terwujudnya prestasi ini, mulai dari Danlanud SIM, Angkasapura, Puskesmas, Kecamatan serta pihak lainnya yang telah berkontribusi positif selama ini,” tandas Iswanto.

Terima kasih juga disampaikan kepada jajaran Forkopimda Aceh Besar yang selama ini telah memberikan saran dan masukan, ketika Bueng Sidom mulai berjuang menapak sukses dari level paling bawah.

“Karena itulah kita mendedikasikan penghargaan kepada semua pihak yang selama ini telah membantu, spesial kepada seluruh warga Gampong Bueng Sidom yang dengan kesadaran sendiri bahu membahu mewujudkan mimpi juara mereka selama ini,” imbuh Iswanto.

Sebelumnya, Lima gampong lolos sebagai finalis lomba tersebut, yaitu Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Bueng Sidom, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Kuteni Reje, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan, dan Meunasah Raya, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Aceh Jaya.

Adapun rincian juara Lomba Gampong se-Aceh Tahun 2024 itu adalah, juara I Gampong Bueng Sidom, juara II Gampong Sapik, dan juara III Hagu Selatan.

Selain itu, juga diserahkan penghargaan kepada daerah yang tercepat dalam penyaluran Dana Desa Tahap 1 Tahun 2024.

Untuk kategori ini, Pidie Jaya meraih juara I, Bener Meriah juara II, dan Kota Langsajuara III.

Rakor Penguatan Pemerintah Gampong Tahun 2024 dihadiri Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, DR. La Ode Ahmad P. Blomno, AP., MSi. Rakor bertujuan menanggapi pengesahan UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.[]