Gampong Leuhan Juara I Gammawar, Diumumkan pada Puncak HKG Ke-52 PKK Aceh

Pemotongan tumpeng peringatan HKG ke-52 PKK oleh Pj Ketua PKK Aceh, Mellani Subarni di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Selasa, 9 Juli 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Aceh memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 diAnjong Mon Mata, Banda Aceh, Selasa, 9 Juli 2024.

Peringatan HKG di Aceh dirangkai dengan sejumlah kegiatan, mulai dari pemotongan kue ulang tahun, talkshow pola asuh anak di era digital, peluncuran buku PAAREDI PKK Aceh, dan penyerahan juara Gampong Mawaddah Waramah atau Gammawar tahun 2023.



Adapun juara I Gammawar PKK Aceh diraih Gampong Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan (Meulaboh), Aceh Barat.

Juara II  Gampong Mendang Ara, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang dan juara III Gampong Sigulai, Kecamatan Simeulue Barat, Kabupaten Simeulue.

Selanjutnya, secara berurut juara harapan I, II, dan III diraih masing-masing Gampong Nuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Gampong Peuniti, Kecamatan Baiturahman, Kota Banda Aceh dan Gampong Damar Mulyo, Kecamatan Atu Lintang, Kabupaten Aceh Tengah.

Lomba Gammawar merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun oleh PKK Aceh. Kegiatan tersebut memperlombakan gampong terbaik dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Hadiah berupa piagam penghargaan dan uang tunai diserahkan langsung oleh Pj Ketua TP PKK Aceh, Mellani Subarni kepada Ketua PKK kabupaten/kota yang meraih juara.

Dalam sambutannya, Mellani mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kader PKK atas semua kontribusi, dedikasi dan kerja kerasnya dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di tengah masyarakat.

“Pemberdayaan keluarga pada prinsipnya merupakan langkah strategis yang ditempuh oleh kader PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga secara menyeluruh,” kata Mellani.

Mellani mengatakan, kader PKK memiliki peran strategis dalam mendukung program kerja pemerintah, termasuk dalam bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

“Melalui Gerakan PKK, peran aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan, maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri,” ujar Mellani.

Sementara itu, Pj Gubernur Aceh yang diwakili Pj Sekda Aceh Azwardi dalam sambutannya menyampaikan harapan agar peringatan HKG tahun ini dapat menjadi penyemangat dalam membumikan dan membesarkan gerakan PKK dalam mendukung pembangunan daerah, khususnya dalam bidang peningkatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“PKK sebagai sebuah gerakan memerlukan kekompakan dan koordinasi yang kuat di semua tingkatan, dan harus siap dengan segala kondisi dan siap berubah, termasuk menyesuaikan dengan tantangan global dan transformasi digital saat ini,” kata Azwardi.

Dalam kesempatan itu, Azwardi mengajak TP PKK provinsi dan kabupaten/kota untuk bersama-sama menyatukan langkah dalam mensukseskan program pembangunan nasional dan daerah, dengan merumuskan berbagai kegiatan berdasarkan kondisi masyarakat Aceh.

“Keterlibatan masyarakat di semua level wilayah menjadi sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan kita,” pungkas Azwardi. []