Mellani Subarni Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Aceh

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Edi Yandra menyerahkan Kartu Pustaka untuk Mellani Subarni dan Pj Gubernur Aceh, Bustami. Mellani dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Aceh Tahun 2024 oleh Pj Sekda Aceh, Azwardi atas nama Pj Gubernur Aceh di Gedung Perpustakaan Wilayah di Banda Aceh, Rabu, 10 Juli 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pj Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi atas nama Pj Gubernur Aceh mengukuhkan Mellani Subarni sebagai Bunda Literasi Aceh Tahun 2024, Rabu, 10 Juli 2024. Pengukuhan berlangsung di Gedung Perpustakaan Wilayah di Banda Aceh.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pj Sekda Azwardi, Pj Gubernur Aceh menekankan pentingnya literasi, sebagai kunci utama untuk membangun bangsa yang cerdas dan berkarakter.



Literasi membuka pintu kemajuan, memberdayakan individu untuk kehidupan yang lebih baik, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memperkaya budaya.

Selain itu juga untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi, sebagai salah satu fokus utama pemerintah, termasuk di Aceh.

Namun, tingkat literasi masyarakat Indonesia disebut masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara maju.

Berdasarkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tahun 2023 yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional RI, skor IPLM Indonesia adalah 69,42 dari skala 0-100, menempatkan Indonesia di urutan ke-62 dari 70 negara.

Aceh sendiri mencatat skor 66,23, belum masuk dalam 10 besar provinsi dengan nilai IPLM tertinggi.

“Oleh karena itu, masih banyak yang perlu dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi di Indonesia, khususnya di Aceh,” kata Pj Gubernur Aceh.

Pj Gube4rnur Aceh juga mengajak semua pihak untuk mendukung Bunda Literasi Aceh dalam upaya meningkatkan budaya literasi di daerah.

Bunda Literasi juga diharapkan memiliki komitmen dan empati yang tinggi serta menjadi panutan bagi generasi muda, terutama generasi milenial di Aceh.

Selain itu, program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernasbaku) juga diharapkan dapat menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia dini.

“Diharapkan dengan sinergi antara berbagai stakeholder pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, budaya literasi di Aceh akan semakin maju dan menyebar hingga ke seluruh kabupaten, kecamatan, dan kelurahan,” sebut Azwardi. []