Jelang PON XXI, Layanan Pelabuhan Balohan Menjadi Fokus Persiapan

Rapat daring yang dipimpin Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Rabu, 7 Juli 2024 untuk memastikan kesiapan menjelang pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut, termasuk kesiapan Pelabuhan Balohan. (Foto Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Pada kegiatan PON XXI Aceh-Sumut, Kota Sabang menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan. Berbagai persiapan dilaksanakan untuk memastikan suksesnya kegiatan di Pulau Weh. Salah satunya adalah meningkatkan pelayanan Pelabuhan Balohan.

Kesiapan seluruh stakeholder disampaikan pada rapat Peningkatan Pelayanan Penyeberangan Lintas Balohan-Ulee Lheue yang dipimpin oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi secara daring, Rabu sore, 10 Juli 2024.



Rapat tersebut juga dihadiri oleh otoritas pelabuhan dan pihak-pihak terkait lainnya, seperti jajaran Pemko Sabang, Dishub Aceh, ASDP, BPKS, serta Dishub Kota Sabang.

Pj Wali Kota Sabang mengatakan hal penting yang menjadi pembahasan salah satunya adalah memastikan ketersediaan kapal pada pelaksanaan PON, mengingat salah satu kapal penyeberangan yakni KMP BRR tengah diperbaiki saat ini.

“Perbaikan kapal diestimasikan pertengahan Agustus sudah dapat beroperasi kembali. Namun demikian, perlu dibahas lebih lanjut oleh Dishub Aceh dan ASDP mengenai langkah antisipasi kalau ada kemungkinan buruk yang terjadi, misalnya kerusakan kapal yang hari ini hanya ada satu kapal yang beroperasi setiap hari. Perlu juga disampaikan kepada Pak Gubernur,” kata Reza.

Reza menilai pembahasan persiapan secara rinci perlu dilakukan agar apa yang dikerjakan nantinya dapat menjadi solusi. Sehingga seluruh pekerjaan bisa dilakukan dan selesai dengan baik, tanpa menimbulkan masalah baru yang tidak diinginkan.

Selain itu, untuk mengantisipasi jumlah tamu yang meningkat pada pelaksanaan PON 2024, diperlukan tambahan personel dari Dishub Aceh di Pelabuhan Balohan Sabang. “Perlu adanya backup personel. Ini menjadi wewenang kita bersama” tutupnya.[]