Pj Gubernur Aceh Teken PKS Penyelanggaraan PON XXI di Kemenpora

Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, meneken perjanjian kerja sama antara Kemenpora dengan KONI dan PB PON XXI Aceh-Sumut di Kemenpora RI, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Juli 2024.(Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pengurus Besar (PB) PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh dan Sumut, di Kemenpora RI, Kamis, 11 Juli 2024.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Ketua Umum PB PON Wilayah Aceh Bustami Hamzah, Ketua Umum PB Wilayah Sumut Agus Fatoni, disaksikan Menpora RI Dito Ariotedjo serta mewakili Bareskrim Polri dan Kejaksaan Agung.

Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan, kesempatan ini sangat berharga bagi semua yang bersama-sama mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional.

“Kami dari Kemenpora mengucapkan terima kasih  kepada semua pihak yang mendukung PON XXI Aceh-Sumut, terkhusus Bapak Pj Gubernur Aceh dan Pj Gubernur Sumut. Dimana ini penugasan last minute kerjanya sangat cepat dan tepat, serta teliti,” ucapnya.

Dito juga menjelaskan secara rinci cakupan isi penandatanganan kerja sama tersebut, di antaranya, pertama tentang penyaluran bantuan pemerintah untuk penyelenggaraan PON Aceh-Sumut Wilayah Aceh bidang pertandingan pada 8-20 September 2024.

“Kedua tentang penyaluran bantuan pemerintah untuk penyelenggaraan PON Aceh-Sumut wilayah Sumut tentang pertandingan pada 8-20 September 2024, wilayah Sumut,” katanya.

Selanjutnya, sambung Menpora untuk ketiga,  tentang penyelenggaraan PON Aceh-Sumut pada acara opening seremoni event olahraga empat tahunan itu di wilayah Aceh pada 8-9  September 2024.

“Yang keempat tentang penyaluran bantuan pemerintah untuk penyelenggaraan closing ceremony PON di wilayah Sumut pada 20 September 2024,” sebutnya.

Kemudian, yang keenam, tentang penyaluran bantuan pemerintah untuk KONI Pusat yang mendukung penyelenggaraan PON Aceh-Sumut. Dan berikutnya, tentang bantuan pemerintah dalam rangka dukungan pengadaan peralatan pertandingan PON Aceh-Sumut.

“Dengan penandatanganan perjanjian kerja sama ini, kami berharap kepada semua pihak dapat bekerja sama dan saling mendukung, serta bersinergi untuk PON yang sukses dalam empat aspek, yaitu penyelenggaraan, prestasi, ekonomi daerah dan sukses administrasi,” ujarnya.

Ketua Umum PB PON XXI Wilayah Aceh dan juga Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah mengatakan pihaknya meyakini penyelenggaraan PON Aceh-Sumut di wilayah Aceh akan berjalan dengan baik.

“Karena untuk kesiapan venue, baru-baru ini saya sudah meninjau sejumlah lokasi sudah 76,8 persen. kami yakin bahwa PON ini akan berjalan sebagaimana yang kita inginkan,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, juga ikut dihadiri Kepala Badan Pengelola Keuangan Aceh (BPKA), Reza Saputra, Kadispora Aceh, M. Nasir Syamaun, Ketua Umum KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar.[]