Hujan Lebat Guyur Banda Aceh dan Aceh Besar, Termasuk Kawasan Kekeringan di Lhoknga

Pohon tumbang di depan TK Rindam IM, Mata Ie, Aceh Besar, ketika angin kencang yang melanda wilayah Aceh Besar, Minggu, 14 Juli 2024. (Foto WAG Siaga Bencana Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Hujan lebat mengguyur wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Miggu, 14 Juli 2024.  Guyuran hujan dengan intensitas tinggi tersebut termasuk di wilayah Lhoknga yang sejak beberapa bulan terakhir didera kekeringan.

Mendung hitam disertai hujan lebat di wilayah Lhoknga, Aceh Besar, Minggu, 14 Juli 2024. (Foto WAG Siaga Bencana Aceh)

Catatan media ini, hujan disertai angin mulai mengguyur wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar pada pukul 10.45 WIB dan mulai agak mereda pada pukul 10.10 WIB.

Foto-foto yang disebar relawan RAPI di WAG Siaga Bencana Aceh memperlihatkan mendung hitam bergayut di langit Banda Aceh dan Aceh Besar hingga pukul 11.15 WIB.

Pohon tumbang di lintasan Aneuk Laot-Balohan, Kota Sabang, Minggu, 14 JUli 2024. (Foto WAG Siaga Bencana Aceh)

Listrik di beberapa kawasan dilaporkan padam. Sebatang pohon besar tumbang melintang badan jalan di lintasan Aneuk Laot-Balohan.

Pohon tumbang dan listrik mati juga terjadi di depan TK Rindam IM, Mata Ie. Hingga pukul 11.30 WIB, hujan dengan intensitas ringan disertai angin dan balutan mendung hitam masih terjadi.

Seorang warga Lhoknga, Ida Fitriani melaporkan hujan lebat juga mengguyur wilayah mereka sejak pukul 10.45 WIB, Minggu, 14 Juli 2024.

“Alhamdulillah. Semoga musibah kekeringan yang membuat sumur kekeringan di Kecamatan Lhoknga bisa segera berakhir,” kata Ida.

BMKG mengeluarkan peringatan hujan lebat dan angin kencang di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Masyarakat diimbau menghindari wilayah pantai, perbukitan, persawahan, pohon, tiang listrik serta baliho.[]