Terkait Pengamanan Titik Terluar dan Pilkada 2024, Ini Penegasan Danrem 012/TU

Komandan Korem 012/ Teuku Umar, Kolonel Inf Deni Gunawan memberikan keterangan kepada wartawan pada acara Komunikasi Sosial dengan Insan Pers dari wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya, di Lapangan Jasrem 012/TU, Rabu, 17 Juli 2024. (Foto Rico Maharsi/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Komandan Korem (Danrem) 012/Teuku Umar, Kolonel Inf Deni Gunawan menegaskan komitmen pihaknya dalam menjaga kedaulatan RI dengan mengamankan titik terluar wilayah negara.

Pernyataan tersebut disampaikan Kolonel Deni pada acara Komunikasi Sosial dengan Insan Pers dari wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya, di Lapangan Jasrem 012/TU, Rabu, 17 Juli 2024.



“Sebagai garda terdepan di wilayah paling barat RI, Korem 012/Teuku Umar bertanggung jawab menjaga kedaulatan negara dengan mengamankan wilayah titik terluar kita,” katanya.

Menurutnya, saat ini Korem 012/TU telah berhasil mengamankan Pulau Simeulue Cut yang merupakan titik terluar di bagian barat Indonesia, dengan menempatkan pasukan untuk memastikan keamanan pulau tersebut.

Kolonel Deni juga menyoroti dampak isu dan konflik global seperti konflik di Timur Tengah dan Laut Cina Selatan yang dapat mempengaruhi stabilitas regional, termasuk Indonesia yang terletak pada posisi strategis.

“Kita harus bersatu dan berkolaborasi untuk mengantisipasi ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan kita,” tegasnya.

Di sisi lain, dalam menghadapi agenda pesta demokrasi, khususnya Pilkada 2024, Kolonel Deni Gunawan mengajak semua pihak untuk menjaga kondusifitas wilayah guna memastikan berlangsungnya pilkada dengan aman dan damai.

“Kami juga berharap insan pers dapat memberikan pemberitaan yang positif untuk mencegah gesekan yang tidak diinginkan di tengah masyarakat,” tambahnya.

Terkait netralitas TNI dalam pilkada, Kolonel Deni menyatakan komitmen TNI untuk mendukung siapapun yang terpilih sebagai pemimpin daerah, asalkan dipilih melalui proses yang demokratis dan sesuai dengan kehendak rakyat.[]