Pj Gubernur Aceh Lantik Tiga Sekda Sebagai Pj Bupati dan Pj Wali Kota

Pj Gubernur Aceh, Bustami mengambil sumpah dan melantik Pj Bupati Pidie, Pj Bupati Gayo Lues, dan Pj Wali Kota Sabang di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis sore, 18 Juli 2024.(Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami Hamzah atas nama Presiden RI, mengambil sumpah jabatan dan melantik Pj Bupati Pidie, Pj Bupati Gayo Lues, dan Pj Wali Kota Sabang, di Anjong Mon Mata, Kompleks Meuligoe Gubernur Aceh, Kamis sore, 18 Juli 2024.

Ketiga penjabat yang dilantik tersebut adalah Samsul Azhar selaku Sekda Pidie sebagai Pj Bupati Pidie, Sekda Gayo Lues Jata sebagai Pj Bupati Gayo Lues, dan Sekda Sabang Andri Nourman sebagai Pj Wali Kota Sabang.



Baca: Pj Wali Kota Sabang, Pidie, dan Gayo Lues Diganti, Ini Sosoknya

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Aceh mengingatkan para Penjabat Kepala Daerah yang baru dilantik untuk terus membangun kekompakan dan memperkuat koordinasi untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dan Pilkada.

“Binalah kekompakan dan komunikasi yang harmonis dengan para pihak, terutama dengan legislatif, judikatif, para ulama dan elemen masyarakat, demi menjaga stabilitas politik dan keamanan daerah. Dengan situasi yang aman dan terkendali tentu aktivitas pembangunan tentu akan berjalan lancar,” ujar Gubernur.

“Kepada Saudara yang wilayahnya terdapat venue pelaksanaan PON XXI, saya ingatkan untuk terus meningkatkan kesiapan dan persiapan jelang pelaksanaan PON serta pilkada yang sudah sangat dekat waktunya ini. Dengan kekompakan, insya Allah kita akan mampu menyukseskan gelaran PON XXI dan pilkada,” imbuh Gubernur.

Gubernur mengingatkan untuk mendorong agar proses tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2024 di wilayah masing-masing berjalan lancar, sehingga masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara jujur, adil, aman, damai dan demokratis.

Gubernur juga mengimbau agar Penjabat Kepala Daerah untuk terus mengoptimalkan kinerja TPID guna mengantisipasi inflasi. Distribusi pangan harus diperhatikan sehingga inflasi tahunan tetap berada pada angka yang stabil.

Antisipasi terhadap bencana juga harus dipersiapkan agar dapat menghindari kemungkinan terjadinya hal yang terburuk.

“Sebagai Penjabat Gubernur Aceh yang salah satu tugasnya melakukan koordinasi dan pembinaan terhadap pemerintahan kabupaten/kota, saya mengingatkan Saudara untuk menjalankan tanggungjawab ini sebaik mungkin, agar gerak pembangunan di wilayah yang Saudara pimpin berjalan dengan baik,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menjelaskan, bahwa proses pergantian Penjabat Kepala Daerah ini telah sesuai dengan mekanisme dan aturan hukum yang berlaku.

“Kepada Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah Saudara tunjukkan selama ini. Semoga kerja sama membangun Aceh dapat terus ditingkatkan,” pungkas Gubernur.

Usai pelantikan ketiga Penjabat Kepala Daerah tersebut, dilanjutkan dengan pelantikan Pj Ketua TP PKK, Pj Pembina Posyandu dan Bunda PAUD Kabupaten Pidie, Gayo Lues dan Kota Sabang, oleh Pj Ketua TP PKK Aceh Mellani Subarni.

Mereka yang dilantik adalah Saptati Rengganis sebagai Pj Ketua TP PKK, Pj Pembina Posyandu dan Bunda PAUD Kabupaten Pidie, Supriyati Jata sebagai Pj Ketua TP PKK, Pj Pembina Posyandu dan Bunda PAUD Kabupaten Gayo Lues, dan Zikri Hayati sebagai Pj Ketua TP PKK, Pj Pembina Posyandu dan Bunda PAUD Kota Sabang. []