Pj Wali Kota Sabang, Pidie, dan Gayo Lues Diganti, Ini Sosoknya

Dari kiri ke kanan: Andri Nourman, Jata, dan Samsul Azhar. (Foto dbs/Kolase Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Tiga Penjabat (Pj) Kepala Daerah di Aceh, yaitu Pj Wali Kota Sabang Drs Reza Pahlevi M.Si, Pj Bupati Pidie Ir Wahyudi Adisiswanto, M.Si , dan Pj Bupati Gayo Lues Drs Alhudri, MM diganti.

Prosesi pelantikan ketiga Penjabat Kepala Daerah tersebut dijadwalkan Kamis sore, 18 Juli 2024 oleh Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah.



Plh Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Aceh, M. Gade Ridwan yang dihubungi media ini membenarkan akan ada pelantikan tiga Pj Bupati/Wali Kota di Anjong Mon Mata, Kompleks Meuligo Aceh, di Banda Aceh, Kamis sore, 18 Juli 2024.

“Ya, akan ada pergatian Pj Wali Kota Sabang, Pj Bupati Pidie, dan Pj Bupati Gayo Lues. Namun nama-nama mereka (yang menggantikan) belum saya terima,” kata Gade.

Penelusuran Portalnusa.com, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi akan digantikan oleh Sekda Sabang Andri Nourman AP, M.Si.

Reza akan kembali ke Pusat dalam kapasitas jabatannya sebagai  Direktur Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dijabatnya sejak 2021.

“Ya, saya akan kembali ke Jakarta,” kata Reza singkat. Dia membenarkan tugas sebagai Pj Wali Kota Sabang akan digantikan oleh Andri Nourman.

Reza Fahlevi dilantik sebagai Pj Wali Kota Sabang pada 19 September 2022 oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Kemudian, pada 19 September 2023 Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Reza Fahlevi hingga 2024, yang sebenarnya berakhir pada September mendatang.

“Karena pada September itu tak ada lagi pergantian (sudah terlalu dekat dengan Pilkada), makanya saya minta mundur terus sekarang,”  kata Reza.

Wahyudi pensiun

Selain Reza, Pj Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si juga masuk dalam paket pergantian.

Menurut info, Wahyudi yang disebut-sebut akan memasuki pensiun pada Agustus 2024 digantikan oleh Drs Samsul Azhar (Sekda Pidie).

Sedangkan Pj Bupati Gayo Lue, Alhudri sudah mengundurkan diri dari jabatan tersebut karena fokus untuk maju di Pilkada Aceh Tengah.

Menurut informasi yang santer berkembang, Sekda Gayo Lues Jata, SE, MM akan dilantik sebagai Pj Bupati Gayo Lues.Tetapi, informasi tersebut belum mendapat konfirmasi langsung dari yang bersangkutan.[]