Siswi SMP 9 Banda Aceh Raih Perak di Olimpiade Internasional

siswi SMPN 9 Banda
Cut Qinal Khaira, siswi SMPN 9 Banda Aceh peraih medali perak South East Asia Olympiad Of Science Medicine (SEAOSM) 2024. (Foto Azminurti Thursina/Portalnusa.com)

Laporan Azminurti Thursina, Banda Aceh

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH Siswi SMPN 9 Banda Aceh, Cut Qinal Khairam enyabet medali perak pada South East Asia Olympiad Of Science Medicine (SEAOSM) 2024.



Olimpiade tersebut dilaksanakan secara online melalui website cbt.pusatprestasi.id pada Minggu, 7 Juli 2024.

Kompetisi yang digelar Yapresindo ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa pada bidang sains dan teknologi.

Cut Qinal mengatakan dirinya mengikuti kompetisi ini tujuannya untuk mengasah kemampuan diri dan untuk menunjang prestasi saat nanti mendaftar di SMA yang diinginkannya.

“Alhamdulillah dapat perak dan bisa membanggakan sekolah,” kata siswi kelas IX-1 ini, saat diwawancara usai penyerahan piagam penghargaan dan sertifikat dari pihak sekolah, Senin, 22 Juli 2024.

Kepala SMP 9 Banda Aceh, Nurdin S.Ag M.Pd merincikan, selain Qinal, siswa-siswi sekolah yang dipimpinnya tahun ini juga menyabet puluhan medali tingkat nasional lainnya.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan. Ada satu medali perak olimpiade tingkat Asia, di tingkat nasional berhasil diraup 8 medali emas, 9 perak, dan 21 perunggu,” kata Nurdin, bangga.

Ia menjelaskan, pihak sekolah aktif mendorong dan mendampingi siswa untuk mengikuti setiap kompetisi, baik tingkat lokal, nasional, dan internasional.

“Kami mendukung penuh keikutsertaan siswa di setiap perlombaan. Sebelum ikut kompetisi, kami menggembleng serius anak didik, agar memperoleh hasil maksimal di setiap event. Insya Allah ke depannya SMP 9 akan kembali meraih medali di setiap kompetisi yang kami ikuti,” pungkas Nurdin.[]