Semarak Demokrasi di Gampong Ceurih, Pemilihan Tuha Peut Layaknya Pilkada

Nama-nama calon Tuha Peut plus perwakilan perempuan yang mewakili masing-masing dusun di Gampong Ceurih, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh yang mengikuti pemilihan di Meunasah Gampong Ceurih, Minggu, 28 Juli 2024.(Foto Portalnusa.com/Kolase by Meylida Abdani)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH –  Masyarakat Gampong Ceurih, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh melaksanakan pemilihan Tuha Peut Gampong (TPG) yang dipusatkan di meunasah setempat, Minggu, 28 Juli 2024.

Prosesi pemilihan TPG Ceurih berlangsung dari pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Pihak panitia menyiapkan empat TPS sesuai dengan jumlah dusun pemilih, yaitu Tgk. Di Cot, Pusara Habib, Po Dihagu, dan Pande Meuh.



Selain empat dusun juga ada satu TPS untuk perwakilan perempuan dengan pemilihnya atas nama gampong (tidak per dusun).

Pj Keuchik Ceurih, Erry Miswar, S.IP.,MM didampingi Ketua Panitia Pemilihan dan Pelantikan TPG Gampong Ceurih, Ridwan Budi mengatakan, prosesi pemilihan TPG diawali dengan pembukaan pendaftaran pada 10-20 Juli 2024.

Setelah dibuka pendaftaran selama 10 hari, akhirnya masing-masing dusun mengirim bakal calon ke Panitia Pemilihan untuk ditetapkan sebagai calon berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun calon yang ditetapkan itu masing-masing dari Dusun Tgk Di Cot sebanyak tiga orang, yaitu Azhari, SE; T. Rusdi, dan Musliadi.

Dari Dusun Pusara Habib sebanyak tujuh orang, yaitu Zahrul Fuadi; Muhammad Zein Abda; Yusrizal, ST;  Usman; Zulkifli S; M. Daud; dan Imran.

Dari Dusun Pande Meuh sebanyak dua orang, yaitu Abdul Latif dan Khairunnas.

Berikutnya dari Dusun Po Dihagu sebanyak empat orang, yaitu Drs. Anwar Zamzam; Suhendra; M. Jamal, dan M. Saleh.

Sedangkan perwakilan perempuan sebanyak dua orang, yaitu Nurlaili, S.Pd dan Mariaton.

Ditetapkan dua besar

Menurut Erry Miswar, prosesi pemilihan dilakukan untuk menentukan dua besar dari masing-masing dusun berdasarkan perolehan suara terbanyak. Dengan demikian akan terkumpul delapan orang dari empat dusun plus satu orang perwakilan perempuan.

“Struktur kelembagaan Tuha Peut Gampong terdiri sembilan orang, termasuk satu orang unsur perempuan. Khusus Dusun Pande Meuh tidak dipilih lagi karena hanya dua orang yang jadi calon,” kata Erry dibenarkan Wakil Ketua Panitia Pemilihan, M. Yahya Ali, SE.

Setelah terjaring delapan orang dari semua dusun dan satu orang perwakilan perempuan, maka mereka akan langsung duduk bermusyawarah guna menentukan struktur kepengurusan TPG Gampong Ceurih, termasuk menentukan Ketua Tuha Peut.

“Insya Allah mereka langsung bermusyawarah setelah ditetapkan hasil pemilihan untuk selanjutnya akan dilantik,” demikian penjelasan dari Panitia Pemilihan dan Pelantikan TPG Gampong Ceurih.[]