Terima Audiensi Pengurus PWI Aceh, Ini Harapan Direksi PT PEMA

Pengurus PWI Aceh foto bersama dengan Direksi PT PEMA di Rumah Budaya, Jalan Tgk Daud Beureu-eh, Kota Banda Aceh yang merupakan kantor pusat BUMD tersebut, Jumat, 2 Agustus 2024. (Dok PWI Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Aceh beraudiensi dengan Direksi PT Pembangunan Aceh (PEMA) di kantor Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut, Jalan Tgk Daud Beureueh (Rumah Budaya), Kota Banda Aceh, menjelang Jumat, 2 Agustus 2024.

Pengurus PWI Aceh dipimpin oleh ketuanya, Nasir Nurdin didampingi Sekretaris Muhammad Zairin dan dua orang dari unsur Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) yaitu Saifullah dan Saiful Alam.



Bersama Pengurus PWI Aceh juga ikut Chief de Mission (CdM) untuk kegiatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV yang akan digelar di Kalimantan Selatan pada 19-26 Agustus 2024.

Kedatangan Pengurus PWI Aceh disambut oleh Direksi PT PEMA, yaitu Direktur Utama (Dirut) Ir. Faisal Saifuddin dan Direktur Umum & Keuangan, Lukman Age, M.Soc, SC.

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin mengatakan, kehadiran mereka ke Rumah Budaya yang menjadi Kantor Pusat PT PEMA untuk bersilaturahmi dengan jajaran direksi yang dilantik oleh Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah pada 8 Mei 2024.

Seperti diketahui, jajaran direksi PT PEMA yang dilantik sekitar dua bulan lalu oleh Pj Gubernur Aceh selaku pemegang saham tunggal PT PEMA, yaitu Dirut Ir. Faisal Saifuddin; Direktur Umum & Keuangan, Lukman Age M.Soc, Sc; Direktur Pengembangan Bisnis, Faisal Ilyas, SE, MM, dan Direktur Komersial, Almer Hafis Sandy, ST.

Menurut Nasir, tujuan utama audiensi yang mereka lakukan adalah untuk silaturahmi guna memperkuat sinergitas antara PT PEMA dengan wartawan.

Pada kesempatan itu juga dilaporkan agenda nasional tiga tahunan PWI yaitu Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), di mana PWI Aceh tak pernah absen mengirim atlet ke event tersebut, termasuk Porwanas XIV yang akan digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 19-26 Agustus 2024.

“Kita berharap ada support PT PEMA untuk suksesnya kontingen PWI Aceh ke event Porwanas di Banjarmasin,” kata Nasir.

Siap bekerjasama

Dirut PT PEMA, Faisal Saifuddin didampingi Direktur Umum & Keuangan, Lukman Age mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pengurus PWI Aceh dan berharap kerja sama yang telah terbangun bisa terus ditingkatkan.

Dia berharap PWI bersama jaringan media di bawahnya bisa terus mendukung kegiatan PT PEMA yang bermuara pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menyelenggarakan kemanfaatan umum.

“Dalam perkembangan dunia usaha, PT PEMA tentunya dihadapkan dengan tantangan-tantangan yang berat dalam mewujudkan perannya sebagai pelaku ekonomi di Provinsi Aceh. Karenanya dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan, termasuk dari PWI dengan jaringan media di bawahnya,” ujar Faisal.

Pada pertemuan itu, Faisal memaparkan berbagai kebijakan perusahaan dan perkembangan terbaru usaha utama di bidang minyak dan gas bumi pertambangan, ketenagalistrikan, industri, perdagangan, konstruksi, agrobisnis, perikanan, properti, transportasi dan pariwisata.

Terkait usaha utama di bidang minyak dan gas bumi, Faisal menyebutkan pihaknya terus berupya menggali semua potensi hingga memberikan manfaat bagi perusahaan termasuk untuk pemerintah dalam bentuk PAD dan masyarakat yang akan terlibat dalam usaha penambangan.

Faisal juga sempat menyinggung potensi sumur-sumur tua migas di wilayah timur Aceh yang diharapkan bisa ditata sebaik mungkin melalui skema kerja sama saling menguntungkan dan memproteksi masyarakat dari risiko.

Pengelolaan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang akan menerapkan konsep mudharabah (mawah), menurut Faisal juga dimaksudkan untuk memberikan manfaat sebesar-sebasarnya kepada daerah dan sekaligus keterlibatan masyarakat dalam usaha.

Update secara periodik

Guna memenuhi hak tahu masyarakat terkait berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam bidang pertambangan dan usaha lainnya yang menjadi kewenangan PT PEMA, disepakati wacana kerja sama antara PT PEMA dengan PWI berupa ekspos publik secara periodik, misalnya sebulan atau dua bulan sekali.

“Mengenai tempat akan disepakati secara bergilir, bisa di PWI atau di PT PEMA bahkan di alam terbuka dengan konsep outdoor,” kata Faisal diamini Ketua PWI Aceh.

Pada pertemuan secara periodik nantinya pihak PT PEMA akan memaparkan update kegiatan dan isu-isu terbaru di berbagai bidang usaha. Sedangkan pihak wartawan akan menginformasikan dan mendiskusikan berbagai temuan sekaligus mendengarkan solusi dari pengambil kebijakan.

“Kita harapkan semua program PT PEMA bisa berjalan dengan baik dan masyarakat akan mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari setiap program, itu, bukan hanya jadi penonton,” tandas Nasir Nurdin dibenarkan Dirut PT PEMA.[]