Sumur Tua di Lambaro Kueh Keluarkan Ledakan Kuat, Seorang Terluka

Tim kepolisian yang dipimpin Danden Gegana Satuan Brimob Polda Aceh, Kompol Akmal, S.E.,M.M beserta personel Jibom melaksanakan penanganan dan investigasi ledakan di dalam sumur tua di Gampong Lambaro Kueh, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Senin sore, 5 Agustus 2024. (Foto Den Gegana Polda Aceh)

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Satu ledakan kuat terjadi dari dalam sumur tua di Gampong Lambaro Kueh, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Senin sore, 5 Agustus 2024.

Informasi terjadinya ledakan kuat itu dilaporkan warga Lambaro Kueh ke Polsek Lhoknga.

Ledakan terjadi ketika seorang warga (korban) sedang membakar sampah di dalam sumur yang berada di samping rumahnya.

Pada saat api sudah menyala, korban membersihkan sampah di sisi sumur dan dimasukkan ke dalam sumur sehingga terjadi ledakan.

Akibat ledakan itu, korban terpental ke samping sumur dan mengalami luka bakar pada bagian muka dan tangan sebelah kiri akibat serpihan cincin sumur yang pecah.

Kapolsek Lhoknga meneruskan laporan kejadian kepada Komandan Detasemen Gegana Polda Aceh.

Danden Gegana Satuan Brimob Polda Aceh, Kompol Akmal, S.E.,M.M beserta personel Jibom (Penjinak Bom) langsung ke TKP melaksanakan penanganan dan investigasi terhadap ledakan di dalam sumur tua tersebut.

Menurut Kompol Akmal, berdasarkan hasil investigasi tidak ditemukan fragmentasi besi ataupun fragmentasi proyektil dan bahan peledak (handak) komersial maupun handak rakitan.

Dan hasil analisa tim Jibom bahwa sumur tua tersebut pada saat dibersihkan diisi dengan bensin kemudian dibakar. Akibatnya gas yang ada dalam sumur menyembur ke atas dan meledak.

Danden Gegana Kompol Akmal mengingatkan masyarakat tidak melakukan pembakaran atau hal semacam nya di dalam sumur karena di dalam sumur terdapat gas yang tidak diketahui apakah berbahaya atau tidak.

“Apalagi di musim kemarau seperti sekarang yang sangat rawan terjadi kebakaran,” pungkas Danden Gegana Kompol Akmal, S.E.,M.M.[]