Dihadiri Tokoh Lokal dan Nasional, Pasangan “ADAB” Dipeusijuek di Sukamakmur

Masyarakat menghadiri acara silaturahmi yang dirangkai peusijuek pasangan ADAB (Aduen H. Mukhlis Basyah, S.Sos dan Abati Muhamad Jazuli) sebagai cabup/cawabup Aceh Besar di Sibreh, Sabtu, 10 Agustus 2024.(Foto Tim “ADAB”)

ORTALNUSA.com | ACEH BESAR – Pasangan Aduen H. Mukhlis Basyah, S.Sos dan Abati Muhamad Jazuli (ADAB) sebagai calon bupati/wakil bupati Aceh Besar di-peusijuek di Kecamatan Sukamakmur, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Acara silaturahmi yang dirangkai dengan peusijuek pasangan ADAB sebagai cabup/cawabup Aceh Besar periode 2024-2029 dihadiri masyarakat dalam jumlah besar.



Prosesi adat peusijuek dilakukan oleh Ketua MPU Kecamatan Sukamakmur, Abi Munawar Sanusi. Acara tersebut diprakarsai oleh Tim Pemenangan pasangan “ADAB” Kecamatan Sukamakmur dan Tim Pemenangan Gampong Sibreh Kemudee diketuai Aduen Maulizar.

Calon Bupati Aceh Besar, Aduen H. Muhklis Basyah, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, Aceh Besar memiliki SDM unggul, bahkan ada tokoh nasional yaitu Aslim Syarbaini yang bergerak di bidang pertanian dan industri.

“Sekarang tinggal kita jemput bola ke Pemerintahan Pusat untuk melobi program- program strategis untuk Pembangunan Aceh Besar. Itu sudah pernah kami lakukan pada masa kami memimpin Aceh Besar periode 2012-2017,” kata Aduen Mukhlis.

Waktu itu, lanjut Aduen Mukhlis dirinya membangun pasar-pasar di seluruh Aceh Besar dan bisa di nikmati sampai hari ini, di antaranya gedung baru Pasar Rakyat Lambaro, Pasar Induk Lambaro, Pasar Rakyat Lhoong, Pasar Rakyat Seulimuem, Pasar Rakyat Keumireu, Pasar Samahani, Pasar Biluy, Pasar Meureu, Pasar Piyeung, Los Daging Ayam Pasar Induk Lambaro dan Pabrik Pengolahan Kulit di Ladong.

Sementara calon wakil bupati Aceh Besar yang akan mendampingi Aduen Mukhlis, Abati Muhammad Jazuli mengatakan pentingnya kekompakan masyarakat untuk memajukan Aceh Besar.

“Perlu hubungan harmonis antara bupati dan wakil bupati supaya maksimal fokus untuk mengembankan ekonomi dan UMKM di seluruh gampong,” kata Abati Muhammad Jazuli.

Ketua Forum Keuchik, Jailani juga menyampaikan apa yang telah Aduen Mukhlis Basyah lakukan selama periode 2012- 2017 di Kecamatan Sukamakmur. Seperti pembangunan Pasar Sibreh, jalan gampong di seluruh Kecamatan Sukamakmur, Kantor Camat Sukamakmur dan pagar sekolah.

Ketua Tim Pemenangan pasangan “ADAB” di Kecamatan Sukamakmur, Drs Marhaban yang akrab disapa Cek Ban mengatakan ada banyak prestasi pada masa Aduen Mukhlis Basyah memimpin Aceh Besar, seperti juara umum MTQ Aceh, juara umum POPDA Aceh, juara umum PKA Aceh dan meraih WTP 5 kali berturut-turut.

“Ini membuktikan Aduen Mukhlis Basyah telah berhasil memimpin Aceh Besar pada periode 2012-2017. Untuk itu mari kita beri kesempatan kembali untuk Aduen Mukhlis Basyah yang akan berpasangan dengan Abati Muhammad Jazuli pada periode lima tahun ke depan,” kata Cek Ban yang juga mantan Kepala Inspektorat Aceh Besar.

Acara silaturahmi dan peusijuek pasangan “ADAB” tersebut dihadiri Aslim Syarbaini (putra Sibreh yang kini tokoh nasional), Ketua DPW PA Aceh Besar Hasballah, S.Ag (anggota DPRA terpilih), Eddi Sadiqhin (anggota DPRA), Tgk Akhyar (Ketua Tuha Peut PA Aceh Besar), Hamdani Basyah, SH, M.Si, Camat Sukamakmur, Kapolsek Sukamakmur, Danramil Sukamakmur, Pengurus PA dan KPA Sukamakmur, Pengurus Ikatan Pemuda Pelajar Sibreh (KSO-IPPS), Imum Mukim, Imam Masjid dan keuchik dalam Kecamatan Sukamakmur.[]