Mewakili Gubernur, Pj Sekda Lepas Kontingen Porwanas PWI Aceh ke Kalsel

Sekda Aceh, Azwardi menyerahkan pataka PWI kepada Ketua Kontingen PWI Aceh, Nurdinsyam pada acara pelepasan Kontingen PWI Aceh ke Porwanas XIV di Banjarmasin, Kalsel di Restoran Pendopo Gubernur Aceh, Rabu malam, 14 Agustus 2024. (Foto Abdul Hadi/PWI Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pj Gubernur Aceh, Bustami diwakili Pj Sekda Aceh, Azwardi melepas keberangkatan Kontingen  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh yang akan mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Screenshot

Acara pelepasan berlangsung di Restoran Meuligoe Gubernur Aceh, Rabu malam, 14 Agustus 2024.



Saat membacakan sambutan Pj Gubernur Aceh, Azwardi menegaskan komitmen Pemerintah Aceh dalam mendukung berbagai kegiatan PWI, termasuk bidang olahraga maupun program peningkatan kapasitas wartawan.

“Pemerintah Aceh berkomitmen untuk selalu mendukung setiap program PWI, termasuk dalam bidang olahraga dan peningkatan kapasitas wartawan, sehingga akan tercipta insan pers yang bukan hanya sehat jasmani dan rohani, tetapi mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi,” kata Sekda.

Azwardi meyakini, Kontingen PWI Aceh mampu mengukir prestasi dalam berbagai cabang pertandingan dan perlombaan di ajang Porwanas XIV, sehingga dapat mengharumkan nama daerah.

Selain itu, Sekda mengimbau agar kontingen Aceh menjadikan Porwanas sebagai ajang memperkuat silaturahmi antar-wartawan se-Indonesia.

“Porwanas merupakan pesta olahraganya para wartawan Indonesia, khususnya yang bernaung di PWI. Sejatinya, Porwanas sebagai wahana berkumpulnya insan pers untuk bersilaturahmi, membangun sportifitas, meningkatkan prestasi melalui olahraga, serta membangun kebersamaan sesama wartawan se-Indonesia,” kata Azwardi.

“Sesuai tujuan Porwanas, marilah kita jaga sportifitas dan kebersamaan dilandasi semangat silaturahmi sesama wartawan se-Indonesia. Porwanas bukan hanya mengejar prestasi tetapi lebih dari itu bagaimana merawat silaturahmi agar tetap kuat demi kepentingan pers Indonesia secara umum,” sambung Azwardi.

Pada kesempatan tersebut Azwardi juga mengajak wartawan di dalam wadah PWI pada khususnya untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut dan Pilkada Serentak 2024.

“Kedua event tersebut merupakan agenda besar yang harus kita sukseskan, demi marwah dan harga diri Aceh. Oleh sebab itu, saya mengimbau kita semua, marilah kita mengambil peran sesuai kapasitas masing-masing agar PON XXI Aceh-Sumut dan Pilkada Serentak menorehkan catatan sukses dan membanggakan Aceh,” tandas Azwardi.

“Selamat jalan dan selamat berkompetisi Kontingen PWI. Raihlah prestasi dengan tetap mengedepankan sportifitas dan semangat persaudaraan. Semoga nama Aceh semakin harum di masyarakat Indonesia bahkan dunia,” pungkas Azwardi.

Sebelumnya, Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin dalam laporannya mengatakan, pada Porwanas XIV, PWI Aceh mengirim kontingen berjumlah 66 orang yang terdiri atlet, offisial, dan perwakilan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Aceh.

Kontingen PWI Aceh akan mengikuti 12 cabor, termasuk cabor Balogo—permainan tradisional masyarakat Banjar yang baru kali pertama dijadikan cabang perlombaan di Porwanas.

Sebagaimana diketahui, pada Porwanas XIII di Malang, Aceh hanya membawa pulang satu medali emas dari cabang fotografi namun bisa masuk 10 besar nasional.

Menanggapi laporan Ketua PWI Aceh tentang prestasi yang diraih oleh Kontingen PWI Aceh di Porwanas Malang, Sekda mengatakan, “selemah-lemah iman, kali ini kita berharap ada penambahan satu emas sehingga masuk lima besar.”

Nasir juga melaporkan, kegiatan Porwanas yang merupakan agenda tiga tahunan secara rutin diikuti PWI Aceh dengan dukungan anggaran dari Pemerintah Aceh melalui Dispora dan KONI.

Untuk Porwanas XIV, PWI Aceh juga didukung sponsorship dari Bank Aceh, BSI, PT PEMA, PT SBA, BPMA (Zaratex, TPI, Conrad), PDAM Tirta Daroy, Pemko Banda Aceh dan beberapa pihak lainnya.

“Terima kasih atas dukungan berbagai pihak, utamanya untuk melengkapi atribut kontingen, semoga kerja sama yang telah terbangun bisa terus berlanjut,” kata Nasir Nurdin.

Acara pelepasan ditandai dengan pemakaian jaket Porwanas PWI Aceh kepada ketua rombongan, Nurdinsyam dilanjutkan penyerahan pataka PWI.

Prosesi pelepasan dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Aceh, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh M Nasir, Plt Kepala Biro Adpim Setda Aceh M Gade, Ketua KONI Aceh diwakili Mohammad Saleh, Komisioner KIP Aceh Ahmad Mirza, Penasehat PWI Aceh Bustamam Ali, Ketua IKWI Aceh Ny Hanifah Nasir Nurdin, dan sejumlah pejabat dari Pemko Banda Aceh dan Aceh Besar.

Juga hadir yang mewakili Dirut PT PEMA, dan BPMA.

Ikut juga bergabung Dirut Bank Aceh Syariah diwakili Sekretaris Perusahaan T. Zulfikar dan Kacab Bank Aceh Banda Aceh, Reg CEO BSI Aceh diwakili Saiful Musadir selaku Retail Financing Business Deputy bersama Dian Budi Wijaksono selaku Head of Stakeholder Management & Media Relation Region Office Aceh PT BSI, dan Vice President Stakeholder Relationship PT SBA Cut Soraya bersama Head of Media Pt SBA Faraby Azwany.

Acara diawali dengan jamuan makan malam bersama dan diakhiri foto bersama kontingen dengan Sekda Aceh.[]