Pj Gubernur Aceh Irup Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Ke-79 RI

Pj Gubernur Aceh bertindak sebagai Irup Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT ke-79 RI di Taman Makam Pahlawan, Gampong Ateuk, Kota Banda Aceh, Jumat dini hari, 17 Agustus 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT ke-79 RI di Taman Makam Pahlawan, Gampong Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, tepat pukul 00.00 WIB, Jumat, 17 Agustus 2024.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang tahun ini telah berusia 79 tahun.



Apel Kehormatan dan Renungan Suci dihadiri Kapolda Aceh, Irjen Pol Achmad Kartiko, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Niko Fahrizal, Aspidmil Kejaksaan Tinggi Aceh Joko Sutikno, Anggota Komisi IV DPR Aceh Ihsanuddin MZ, dan Pj Wali Kota Banda Aceh Ade Surya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh prajurit TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, Polri serta Satpol PP dan WH Aceh.

Selain itu, apel juga dihadiri sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh dan unsur Forkorpimda Kota Banda Aceh.

Dalam amanatnya, Gubernur menyatakan penghormatan yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan, dalam mengabdikan diri pada perjuangan demi negara dan bangsa.

Hingga saat ini, di Taman Makam Pahlawan di Gampong Ateuk bersemayam 401 jasad pahlawan, yang terdiri atas Pusara Angkatan Bersenjata sebanyak 384, Pegawai Sipil 4 pusara, Pejuang Rakyat 8 pusara dan Pahlawan tak Dikenal sebanyak 5 pusara.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar pada 17 Agustus setiap tahun, tepat pukul 00:00 WIB. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dengan ikhlas dan gugur di medan tugas demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para generasi penerus bangsa diharapkan dapat meneladani sikap, semangat, pengorbanan dan dedikasi yang telah dicontohkan oleh para pahlawan.

Temaram cahaya bulan dan dua obor utama yang menerangi menghadirkan suasana khidmat pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci tahun ini. []