Gubernur Aceh dan Forkopimda Berbaur Bersama Ribuan Warga Saksikan Pawai Kemerdekaan

Pj Gubernur Aceh, Bustami didampingi istri, Ny. Mellani Subarni dan Forkopimda melambaikan tangan kepada peserta pawai kemerdekaan di halaman Kantor Gubernur Aceh, Minggu, 18 Agustus 2024. (Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pj Gubernur Aceh, Bustami bersama Pangdam Iskandar Muda Niko Fahrizal dan Kapolda Aceh Achmad Kartiko berbaur bersama ribuan warga menyaksikan pawai HUT ke-79 Kemerdekaan RI di halaman Kantor Gubernur Aceh, Minggu, 18  Agustus 2024. Selain di halaman Kantor Gubernur, ribuan warga juga menyesaki kiri-kanan jalan di sepanjang jalur yang dilintasi peserta pawai.

Peserta pawai tersebut berangkat dari Taman Ratu Safiatuddin atau PKA lalu bergerak melintasi Jalan Teuku Nyak Arief dan kembali memasuki halaman Kantor Gubernur Aceh.



Dari Kantor Gubernur Aceh, para peserta pawai berjalan menuju Simpang Jambo Tape lalu memutar balik kembali ke lokasi PKA.

Selain Pj Gubernur, hadir juga menyambut dan menyaksikan para peserta pawai di antaranya Pj Ketua PKK Aceh Mellani Subarni, Pj Sekda Aceh Azwardi, para Asisten Sekda dan para Kepala SKPA.

Peserta pawai karnaval HUT RI tahun 2024 diikuti 4.681 orang pelajar dari berbagai sekolah di Kota Banda Aceh.

Adapun rincian jumlah sekolah yang berpartisipasi yaitu 77 sekolah dasar (SD), 34 sekolah menengah pertama (SMP) dan 39 sekolah menengah atas (SMA).

Para peserta rata-rata mengenakan pakaian adat Aceh, seragam TNI/Polri dan berbagai seragam profesi menarik lainnya.

Ada juga yang mengenakan busana hasil kreasi tangan dengan berbagai corak dan seni yang memaknai kekayaan budaya dan adat istiadat yang ada di Indonesia.

Pj Gubernur Bustami berharap semangat kemerdekaan yang ditampilkan para pelajar itu bisa terus terjaga guna terwujudnya generasi emas Aceh serta pembangunan Aceh yang lebih baik.

“Luar biasa antusias masyarakat, kita jaga semangat ini untuk membangun Aceh dan menyambut PON Aceh-Sumut,” kata Bustami.

Bustami merasa terkesan dengan partisipasi masyarakat yang ikut memeriahkan HUT ke-79 RI. “Saya apresiasi masyarakat kita yang begitu bersemangat,” tandas Bustami. []