40 Anggota DPRK Aceh Besar Dilantik, 15 Diantaranya Incumbent

Proses pelantikan anggota DPRK Aceh Besar, Selasa, 20 Agustus 2024.

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO –Ketua Pengadilan Negeri Jantho,  Fadhli SH melantik dan mengambil sumpah 40 anggota DPRK  Aceh Besar di Kota Jantho, Selasa, 20 Agustus 2024.

Dari sejumlah  anggota dewan yang dilantik 15 diantaranya  adalah  wajah lama yang terpilih kembali pada Pemilu 2024.



Adapun partai politik yang memperoleh kursi di Aceh Besar periode ini adalah, Partai Amanat Nasional, Partai Aceh, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora dan Partai Darul Aceh.

Ketua DPRK Aceh Besar periode 2019-2024, Iskandar Ali  menyatakan, Pemerintah Aceh Besar bersama DPRK menghadapi banyak tantangan selama periode lalu,  yang terbesar adalah pandemi Covid-19.

Wabah itu berdampak signifikan pada realisasi aspirasi masyarakat karena banyak anggaran yang harus dialihkan untuk penanganan Covid-19. “Pandemi Covid-19 memaksa kami untuk merefokus anggaran, sehingga banyak aspirasi masyarakat yang tidak dapat terealisasi,” sebur Iskandar Ali.

Ia berharap anggota DPRK yang baru dilantik dapat bekerja maksimal dalam merealisasikan aspirasi masyarakat dan memastikan bahwa setiap kebijakan pemerintah benar-benar bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto pada kesempatan itu memberikan ucapan selamat kepada anggota DPRK yang baru dilantik, dikatakannya pelantikan adalah puncak dari proses demokrasi panjang dalam Pileg dan Pilpres 2024 yang menegaskan kedaulatan rakyat dalam bingkai NKRI.

Mengutip amanat Mendagri, Iswanto menekankan bahwa anggota DPRD harus mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan meskipun  memiliki ikatan kuat dengan partai politik.

“Anggota DPRK memiliki ikatan yang kuat sebagai perpanjangan tangan partai politik, namun perlu digarisbawahi bahwa kepentingan publik harus ditempatkan di atas kepentingan pribadi maupun golongan,” ujar Iswanto.

Iswanto berharap agar anggota DPRK yang baru dapat bekerja maksimal demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat, ia juga berterima kasih kepada anggota dewan sebelumnya atas tanggung jawan dan pengabdiannya selama bertugas.

Ketua Sementara DPRK Aceh Besar, Abdul Mucthi pada kesempatan itu juga  menekankan besarnya tanggung jawab yang diemban oleh anggota dewan yang baru dilantik, baik kepada Allah SWT maupun kepada rakyat.

Ia mengajak semua elemen politik dan masyarakat untuk bekerja sama dengan semangat persatuan dan mengesampingkan perbedaan serta menekankan pentingnya DPRK sebagai lembaga representatif yang harmonis dan produktif.

Hadir pada acara itu Danlanud SIM, Forkopimda Aceh Besar, para mantan Bupati dan Ketua DPRK, kepala OPD tokoh masyarakat, serta sejumlah undangan lainnya.[]

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi