Uni Emirat Arab Akan Bangun Islamic Center dan Masjid di UIN Ar-Raniry

Bustami Hamzah saat menerima kunjungan delegasi Uni Emirat Arab, Selasa, 20 Agustus 2024.

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH –Uni Emirat Arab  akan membangun sebuah pusat kegiatan intelektual dan spiritual berupa Islamic Center dan Masjid di Universitas Islam Negeri  Ar-Raniry Banda Aceh.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah usai  menerima kunjungan delegasi dari UEA,  Sultan Faisal Ali Khalifah Alremeithi di Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa 20 Agustus 2024.



“Proyek ini diharapkan menjadi simbol kolaborasi erat antara Aceh dan Uni Emirat Arab dalam memperkuat dunia pendidikan yang berlandaskan syariat Islam di Aceh,” ujar Bustami.

Diharapkannya,  peletakan batu pertama proyek itu dapat terlaksana  saat Presiden Jokowi berada di Aceh pada pembukaan PON XXI September 2024 mendatang, supaya  manfaatnya dapat dirasakan lebih cepat oleh mahasiswa dan masyarakat luas.

Disebutkan, fasilitas itu tidak hanya untuk  tempat  ibadah, akan tetapi juga menjadi pusat kegiatan intelektual dan spiritual yang akan memperkuat identitas keislaman di Aceh.

Di hadapan delegasi UEA itu Bustami juga sempat memaparkan kondisi Aceh yang sudah  sangat kondusif sehingga para wisatawan maupun investor dapat dengan leluasa mengunjungi Aceh.

Aceh kata Bustami, pernah mencapai kejayaan di bidang pendidikan pada masa lalu sehingga optimistis bahwa semangat kemajuan tersebut dapat dihidupkan kembali melalui proyek-proyek strategis seperti yang direncanakan bersama Uni Emirat Arab itu.

Menanggapi itu, Sultan Faisal menyampaikan  terima kasih atas sambutan  Pj Gubernur bersama jajarannya. “Saya sangat berterima kasih atas sambutan yang luar biasa ini, semoga semua tahapan proyek dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama,” kata Faisal.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Mujiburrahman dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Aceh.[]

 

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi