Konkernas PWI, Dukungan untuk Hendry Ch Bangun Tak Terbendung

Suasana Konkernas PWI Tahun 2024 yang diikuti 30 Pengurus Provinsi se-Indonesia di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Rabu, 21 Agustus 2024. (Foto Abdul Hadi/PWI Aceh)

PORTALNUSA.com | BANJARMASIN – Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PWI Tahun 2024 yang digelar PWI Pusat di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu 21 Agustus 2024 menghasilkan sejumlah keputusan penting, diantaranya mengakui kepemimpinan Hendry Ch Bangun sebagai Ketua Umum PWI Pusat hasil Kongres Bandung.

Konkernas 2024 diikuti 30 PWI Provinsi se-Indonesia dibuka oleh Ketum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun.



Selain mendukung Hendry Ch Bangun juga menolak Kongres Luar Biasa (KLB) PWI yang dilaksanakan orang-orang yang sudah dipecat dari kepengurusan PWI.

Konkernas 2024 mengusung tema, “Merawat Kebersamaan Menuju PWI Yang Lebih Baik”.

Dalam sambutannya, Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun menyatakan, tak ada dualisme kepengurusan PWI Pusat.

Sebab, tambahnya, hingga saat ini kepengurusan PWI Pusat yang sah adalah kepengurusan hasil Kongres PWI di Bandung pada 27 September 2023 dengan Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun.

Ditambahkan, dalam perkembangan belakangan ini, ada orang-orang yang mengatasnamakan sebagai PWI mengadakan KLB. Mereka adalah Pengurus PWI Pusat yang sudah dipecat sehingga tidak sah mewakili PWI.

“KLB itu diadakan oleh orang-orang yang sedang menggigau dan pengurus yang sudah dipecat. Mereka adalah pengurus PWI yang telah melakukan pelanggaran PD/PRT dengan tujuan tidak baik. Makanya KLB PWI itu tidak sah dan ilegal,”tegasnya.

Dikatakan, kepengurusannya telah berhasil merealisasikan program-program kerja yang dijanjikannya dalam Kongres di Bandung, di antaranya dalam meningkatkan profesionalisme dan wawasan kebangsaan wartawan anggota PWI melalui Program UKW dan SJI.

Hingga kini PWI Pusat telah sukses mengadakan 20 kali UKW gratis di berbagai provinsi di Tanah Air.

“Insya Allah, hingga akhir Desember 2024 semua UKW gratis tuntas diadakan di 38 provinsi plus satu di PWI Solo,” jelasnya.

Sementara untuk Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) gratis sudah digelar di empat provinsi dan akan diselenggarakan di empat provinsi lainnya dalam waktu mendatang, seperti Sumatera Utara dan Jawa Timur.

Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun juga menjabarkan dalam kegiatan lainnya, seperti edukasi dan sosialisasi Pilkada Damai bermitra dengan Kemendagri.

Demikian pula dalam tataran kerjasama intenasional, PWI masih diakui sebagai mitra terpercaya oleh Korea Selatan dan Cina.

“Di tengah dinamika organisasi dan tantangan masa depan yang penuh tantangan, PWI masih diakui eksistensi dan mendapat kepercayaan tinggi dari berbagai pemangku kepentingan lainnya,” demikian penjelasan Hendry Ch Bangun.

Dalam Konkernas tersebut juga disepakati pelaksanaaan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2025 di Kalimantan Selatan dan Porwanas 2027 di Medan, Sumatera Utara. []