Porwanas Kalsel Dibuka, Aceh Ikut Meriahkan Defile Kontingen

Kontingen Porwanas PWI Aceh saat bersiap-siap tampil pada defile kontingen pembukaan Porwanas XIV di GOR Paman Birin, Banjarbaru, Kalsel, Kamis, 22 Agustus 2024. (Dok PWI Aceh

PORTALNUSA.com | BANJARBARU – Defile kontingen dan tarian kolosal Geopark Meratus memeriahkan rangkaian pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Gelora Paman Birin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis, 22 Agustus 2024.

Dua putra-putri Paskibraka memandu defile Kontingen PWI Aceh pada pembukaan Porwanas XIV di GOR Paman Birin, Banjarbaru, Kalsel, Kamis, 22 Agustus 2024. (Dok PWI Aceh)

Porwanas XIV dibuka Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.



Dalam sambutannya, Gubernur Sahbirin Noor menyampaikan apresiasinya kepada PWI yang telah mempercayakan Kalsel sebagai tuan rumah Porwanas XIV.

Gubernur Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin berharap Porwanas XIV dapat memberikan nilai positif bagi pembangunan di Kalsel.

Tarian kolosal Geopark Meratus tampil pada pembukaan Porwanas XIV di GOR Paman Birin, Banjarmasin, Kamis, 22 Agustus 2024. (Dok PWI)

Porwanas XIV, tambahnya, merupakan momen untuk meningkatkan profesional wartawan.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang telah memberikan dukungan terhadap penyelengaraan Porwanas XIV, seperti pembangunan Gelora Paman Birin yang menjadi event pertama yang memanfaatkan GOR ini.

“Itulah salah satu alasan SIWO PWI Pusat memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor sebagai Kepala Daerah Peduli Olahraga,” kata Paman Birin.

Hendry Bangun mengatakan salah satu keistimewaan Porwanas XIV adalah pertama kali karya jurnalistik dijadikan cabang olahraga yang dilombakan.

Diharapkan Porwanas XIV yang diikuti oleh 38 kontigen PWI Provinsi di Tanah Air dapat membantu mempromosikan potensi dan pembangunan di Kalsel lewat foto-foto yang unik dan karya jurnalistik yang berkualitas terkait pengembangan objek wisata Ecopark Meratus.

Tarian dan defile

Rangkaian pembukaan diawali dengan penampilan tarian kolosal Geopark Meratus dilanjutkan dengan defile kontingen yang diikuti atlet dan ofisial dari 38 provinsi.

Defile kontingen Aceh yang tampil pada urutan pertama dipandu oleh dua putra-putri Paskibraka yang membawa pataka Pancacita dan papan nama Aceh (masih menulis Nanggroe Aceh Darussalam).

Juga ditampilkan dua model berpakaian adat Aceh oleh dua pengurus PWI Aceh, yaitu Fauzul Husni dan Dian Fatayati. Tepuk tangan bergemuruh ketika MC membacakan data kontingen PWI Aceh yang tampil di Porwanas XIV Kalsel.

Sedangkan sebelumnya, tarian kolosal Geopark Meratus juga mampu menghipnotis pengunjung yang memadati GOR Paman Birin.

Tarian kolosal yang menggambarkan tingginya nilai-nilai budaya  masyarakat Kalsel serta keindahan dan kekayaan alamnya  mencerminkan  kebanggaan pemerintah dan rakyat Kalsel terhadap Porwanas yang sudah dimulai sejak 19 Agustus 2024 dan dijadwalkan berakhir pada 26 Agustus 2024.[]