Aceh Besar Launching Program Genius Untuk Siswa Sekolah Dasar

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dampingi Asisten  Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Zulkifli yang mewakili Gubernur  pada launching serentak Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (Genius) di SDN Lhok Seumeulu, Blang Bintang, Aceh Besar, Senin, 26 Agustus 2024.

Dalam sambutannya Zulkifli menyebutkan, pangan adalah pondasi utama kehidupan manusia.



“Tanpa pangan yang cukup dan berkualitas, mustahil sebuah bangsa yang kuat bisa dibangun,” ujar Zulkifli.

Pemerintah kata Asisten memiliki tanggung jawab untuk memastikan setiap warga negara mendapat akses pangan yang layak sebagai wujud nyata dari ketahanan pangan.

Pada kesempatan itu Pj Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang telah memilih  Aceh Besar sebagai lokasi peluncuran Genius 2024.

Dilaporkannya, ada 562 siswa Sekolah Dasar yang terpilih menjalankan program Genius tersebut,  yakni SDN Neusok Teubaluy 227, SDN 9 Bukit Teurebeh 54 dan SDN Lhok Seumeulu 281 siswa.

Ditambahkan, beberapa Minggu sebelumnya  Pemkab Aceh Besar juga mendapatkan dukungan dari Angkasa Pura untuk percepatan penurunan angka stunting di Kecamatan Kuta Baro.

Iswanto berjanji akan terus melakukan langkah-langkah strategis untuk menyukseskan progran Genius dan upaya penurunan angka stunting.

Sementara itu, kepala Dinas Pangan Aceh, Surya Rayendra memaparkan, 2023 lalu pihaknya  mendapatkan dukungan dari Bappenas untuk melaksanakan program Genius sebagai salah satu upaya penanganan rawan pangan dan gizi.

Tujuan dari program Genius kata Surya adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang pangan bergizi. Kegiatan Genius secara keseluruhannya berjumlah 1.688 siswa yang tersebar 9 SDN di Aceh.[]

 

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi