Pawang Hujan Beraksi di Venue Utama PON Aceh-Sumut, Ini Tanggapan Kabid Upacara

Foto tangkapan layar dari video yang menyebar di media sosial memperlihatkan sosok perempuan yang diduga pawang hujan Rara Istiani Wulandari beraksi di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh—lokasi pembukaan PON XXI Aceh-Sumut—oleh Presiden Jokowi pada 9 September 2024.

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Video berdurasi 27 detik memperlihatkan sosok perempuan yang diduga pawang hujan Rara Istiani Wulandari beraksi di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh—lokasi pembukaan PON XXI Aceh-Sumut—oleh Presiden Jokowi pada 9 September 2024 menyebar di media sosial.

Tak ayal, video tersebut memantik reaksi warganet yang menyayangkan kenapa ritual seperti itu dilakukan di Aceh sbagai negeri syariat Islam.



Dalam video terlihat sosok perempuan yang akrab disapa Mbak Rara itu berjalan di pinggir stadion sambil memegang yang diduga sesajen (dupa), sambil menadahkan kepala ke langit.

Pengurus Besar (PB) PON XXI 2024 Wilayah Aceh menyesalkan kejadian tersebut yang tidak sesuai dengan syariat Islam yang diterapkan di Aceh.

PB PON Wilayah Aceh juga menyatakan tidak pernah mengundang maupun mendatangkan  pawang hujan tersebut.

“Kami dari PB PON Aceh sepakat dengan masyarakat, sangat menyesalkan atas kejadian tersebut, tentu keberadaan pawang hujan bertentangan dengan regulasi yang ada di Aceh yang menjunjung tinggi syariat Islam,” kata Kepala Bidang (Kabid) Upacara PB PON Wilayah Aceh, Akkar Arafat, Rabu, 28 Agustus 2024.[]