Pj Gubernur Aceh Sampaikan Kesiapan PON XXI di Hadapan Mendagri

Pj Gubernur Aceh, Safrizal saat menyampaikan kesiapan PON di hadapan Mendagri, Jumat, 30 Agustus 2024.

PORTALNUSA.com | JAKARTA – Penjabat Gubernur Aceh, Safrizal menyampaikan kesiapannya menghadapi PON  XXI  dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri di Jakarta,Jumat, 30 Agustus 2024.

Dilaporkannya, sejumlah arena pertandingan sudah selesai dan siap dipakai, hanya beberapa  sarana pendukung yang sedang dipacu pembangunannya dan dipastikan selesai tepat waktu.



“Stadion Harapan Bangsa yang akan dijadikan lokasi pembukaan PON  dan sebagai venue utama sudah sepenuhnya selesai, saat ini  sedang dipersiapkan panggung utama untuk acara pembukaan,” kata Safrizal.

Ditambahkannya, PON XXI yang akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, 19 September 2024 mendatang  akan mempertandingkan 33 cabang olahraga yang tersebar di 10 kabupten/kota di Aceh.

“Dalam beberapa hari terakhir para atlet sudah mulai berdatangan, kami yakin pelaksanaan PON akan sukses sebagaimana diharapkan,” imbuhnya

Rapat tersebut juga diikuti sejumlah panitia PB PON Aceh yang mengikutinya secara virtual dari Banda Aceh serta panitia PB PON Sumut.

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian mengaku dirinya diperintahkan langsung oleh Presiden untuk mendukung sepenuhnya penyelenggaraan PON,  terutama dalam melibatkan pemerintah daerah, bahkan sudah diberikan edaran dalam hal dukungan anggaran biaya akomodasi bagi atlet dan official peserta daerah masing-masing.

Di akhir pesannya Tito  meminta agar pemerintah Aceh memastikan kesiapan rumah sakit baik dari tingkat provinsi hingga kabupaten untuk menangani segala bentuk emergency, selain itu  juga meminta agar Pemda menyurati Kemenhub agar menambah intensitas penerbangan ke Aceh mulai dari sebelum hingga selesai penyelenggaraan PON. []

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi