Pembukaan PON XXI Dikemas dengan Perpaduan Budaya Aceh dan Teknologi Modern

Penampakan Stadion Harapan Bangsa (SHB) di Banda Aceh yang merupakan venue utama PON XXI Aceh-Sumut dan sekaligus tempat pembukaan event olahraga terbesar di Indonesia pada 9 September 2024. (Foto VOI)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut akan dibuka pada 9 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Lhong Raya, Kota Banda Aceh. Konsep opening ceremony akan memadukan budaya Aceh dan teknologi modern.

Pengurus Besar (PB) PON XXI Aceh-Sumut wilayah Aceh telah merancang acara pembukaan yang akan menampilkan tarian, musik, dan seni kerajinan khas Aceh untuk memberikan gambaran mendalam tentang kekayaan budaya Serambiu Mekah.



Informasi tentang konsep pembukaan PON XXI Aceh-Sumut disampaikan Kabid Upacara PB PON Wilayah Aceh, Akkar Arafat pada konferensi pers, dua hari lalu.

“Terkait konsep opening menampilkan tarian-tarian khas Aceh, memberikan penonton gambaran mendalam tentang keanekaragaman dan keindahan budaya Aceh,” kata Akkar yang juga Kepala Biro Adpim Setda Aceh.

Akkar menambahkan, acara pembukaan juga akan mengangkat figur bersejarah, seperti Malahayati, pahlawan wanita Aceh yang terkenal dalam perjuangan melawan penjajah Belanda.

“Ini akan memberikan pengalaman yang autentik dan memperkaya pengetahuan penonton tentang warisan budaya Aceh,” ungkapnya.

“Kombinasi permainan pencahayaan yang spektakuler dan kembang api akan menambah kemeriahan dan kesan megah acara, menciptakan suasana meriah dan mengesankan,” lanjut Akkar.

Pembukaan PON Aceh-Sumut diharapkan tidak hanya menjadi acara yang meriah, tetapi juga menyentuh hati semua yang hadir, serta memperkenalkan Aceh kepada masyarakat luas dengan cara yang inovatif dan memukau.

Dengan perpaduan harmonis antara penghormatan terhadap warisan budaya dan penggunaan teknologi modern, acara ini diharapkan meninggalkan kesan mendalam dan menjadi momen bersejarah dalam penyelenggaraan PON kali ini.[]