Waduk Keuliling bukan di Indrapuri tetapi Kuta Cot Glie

Waduk Keuliling di Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar yang dijadikan venue olahraga dayung PON XXI Aceh-Sumut 2024. (Foto lamurionline.com)

NAMA waduk (bendungan) Keuliling di Aceh yang menjadi venue cabor dayung PON XXI Aceh-Sumut semakin mendunia. Sayangnya, dalam berbagai laporan yang diterbitkan—termasuk yang dikutip media dari PB PON XXI—lokasi waduk itu tertulis di Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Seharusnya, Kecamatan Kuta Cot Glie.

Beberapa tokoh dan masyarakat Kuta Cot Glie yang menelepon Portalnusa.com mengaku sedih dengan penyebutan lokasi waduk di Indrapuri yang tidak tepat.



“PON menjadi kesempatan untuk mempromosikan berbagai potensi dan branding daerah. Nyatanya dalam banyak pemberitaan di media disebutkan lokasi waduk di Indrapuri, padahal yang benarnya bendungan itu di Kuta Cot Glie,” begitu bunyi salah satu pesan yang dikirim melalui WhatsApp.

Berdasarkan penelusuran media ini, Waduk Keuliling berlokasi dalam wilayah beberaspa gampong di Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar.

Untuk mencapai lokasi waduk bisa ditempuh dengan kendaraan hanya sekitar 30 menit dari pusat Kota Banda Aceh.

Waduk dengan luas area 330 hektare dan kedalaman 30 meter itu mulai dibangun pada tahun 2000 dan selesai 2008. Areal persawahan yang mampu dilayani waduk ini mencakup 13 gampong/desa yang tersebar dalam wilayah Kecamatan Kuta Cot Glie dan Indrapuri.

Dari jalan negara menuju lokasi hanya 5,3 kilometer dan sangat dekat dengan Jalan Tol Sibanceh, sehingga Waduk Keuliling selama ini dijadikan lokasi wisata, sangat cocok untuk dijadikan tempat perlombaan olahraga air seperti dayung.

Untuk kepentingan venue PON, Waduk Keuliling dilakukan perluasan area tanding dan pembangunan fasilitas lain terkait kelengkapan bertanding. Juga ada pengerukan beberapa bagian di tengah waduk lantaran untuk perlombaan butuh lokasi panjang, sehingga dua gundukan bukit dalam waduk harus di-bypass.

Kini, masyarakat Aceh Besar, khususnya di Kecamatan Kuta Cot Glie siap menerima tamu dan atlet PON dari seluruh Indonesia. Waduk Keuliling menjadi salah satu ikon wisata dan olahraga air yang membanggakan. Selamat datang di Kuta Cot Glie, selamat menikmati pesona Waduk Keuliling.[]