Usai Bermalam di Jantho, Kirab Api PON Dilepas Pj Bupati ke Kota Banda Aceh

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto melepas rombongan pembawa kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 di Kompleks JSC Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Jumat, 6 September 2024. (Foto Prokopim Pemkab Aceh Besar)

PORTALNUSA.com | KOTA JANTHO – Kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 dilepas oleh Pj Bupati Aceh Besar,  Muhammad Iswanto SSTP MM menuju Kota Banda Aceh setelah sempat bermalam di Kota Jantho.

Pelepasan dilakukan melalui upacara di Halaman Kompleks Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, Aceh Besar, Jumat pagi. 6 September 2024.



Sebelumnya, Kota Jantho menjadi daerah ke-22 yang dilalui oleh Torch Relay Api PON sebelum menuju tujuan akhir di Banda Aceh.

Obor yang dibawa atlet lari legend Aceh Besar Syahrial bersama tim pelari terlebih dahulu dibawa dengan berlari mengelilingi jalan-jalan protokol di ibu kota Aceh Besar, Kota Jantho.

Kemudian dengan menggunakan mobil bak terbuka konvoi puluhan mobil dipimpim Sekdakab Aceh Besar menuju Dekranasda Aceh Besar.

Usai shalat Jumat kembali dibawa rombongan pembawa obor api PON menuju jalan Mr Mohd Hasan kawasan depan Terminal Batoh, perbatasan Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

Sementara itu, Pj Bupati Iswanto saat melepaskan kirab Api PON tersebut mengatakan, kirab api PON merupakan tradisi yang telah menjadi simbol persatuan, semangat sportivitas, dan kebanggaan nasional.

“Obor yang telah disaksikan itu tidak hanya membawa nyala api, namun juga membawa pesan-pesan mulia tentang sportivitas, semangat kompetisi yang sehat, serta tekad untuk menjunjung tinggi persaudaraan di antara seluruh anak bangsa,” katanya.

Pada apel tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Besar Abdullah SSos juga membacakan sarakata tentang sejarah dan tuan rumah  PON dari masa ke masa, sejak PON pertama di Surakarta Jawa Tengah Tahun 1948 hingga PON XXI di Aceh-Sumut tahun 2024.[]