Arung Jeram PON XXI Resmi Dibuka Pj Gubernur di Aceh Tenggara

Pj Gubernur Aceh diarak dengan kuda di Aceh Tenggara, Rabu, 11 September 2024.

PORTALNUSA.com | KUTA CANE –Penjabat Gubernur Aceh,  Safrizal membuka  resmi  pertandingan arung jeram PON XXI di lapangan Pemuda, Aceh Tenggara, Rabu, 11 September 2024.

Gubernur dan rombongan disambut dengan tarian Peleubat dan Belo Mesusun yang melibatkan 21 penari  diiringi parade Marching Band.



Mengenakan pakaian adat Alas, Safrizal di Peusijuek langsung oleh Ketua MAA,  Thalib Akbar. Kunjungan tersebut adalah yang pertama sejak dirinya dilantik sebagai PJ Gubenur Aceh.

Dalam sambutannya usai dipeusijuek, Safrizal menyebutkan pemilihan  sungai Alas dan Mamas untuk arung jeram adalah sangat tepat. Sebab lokasinya dilatar belakangi oleh alam asri, indah dan alami di kawasan hutan lindung yang tertutup area hijau.

“Sungai  Alas dan Mamas sangat cocok untuk arung jeram dan  menarik  untuk destinasi wisata para atlet dan pengunjung yang hadir,” kata Safrizal.

Pertandingan arung jeram PON XXI  rencananya akan mulai Kamis besok yang diikuti 14 kotingen dari berbagai provinsi.

Lokasi arung jeram  Aceh Tenggara kata Safrizal, sudah lama dikenal sebagai lokasi  yang sangat menantang dalam beberapa kejuaraan nasional maupun internasional.

Pj Bupati Aceh Tenggara,  Syakir selaku ketua panitia Cabor arung jeram PON XXI sangat mengapresiasi kehadiran Pj Gubernur di Bumi Alas untuk membuka secara resmi pertandingan pertandingan tersebut.

Dikatakannya, sungai Alas adalah  yang terpanjang di Aceh, lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang elintasi  lima kabupaten dan kota di Aceh dan Sumatera Utara hingga bermuara ke Samudera Hindia.

Usai Pembukaan Pj Gubernur  dan Pj Bupati Aceh Tenggara berserta rombongan mengendarai kuda yang diarak menuju Lapangan Setdakab. Arakan kuda tersebut adalah  adat dan kebudayaan asuku Alas di Aceh Tenggara.[]

 

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi