Dukung UMKM Naik Kelas, Pj Gubernur Aceh Apresiasi Meuseuraya Festival

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Pj Gubernur Aceh, Safrizal  mengapresiasi penyelenggaraan Meuseuraya Festival yang digelar oleh Bank Indonesia perwakilan Aceh.

Kegiatan itu kata gubernur  menjadi wadah pendukung UMKM Aceh naik kelas, industri perbankan lain juga diharapkan ikut membantu pembiayaan dan pendampingan usaha.

“Berikan pendampingan agar produk UMKM menarik perhatian serta memiliki branding yang bagus, hadirkan juga para ahli untuk membantu pelaku usaha mengembangkan produknya,” pinta Safrizal saat membuka event tersebut, Jumat 18 Oktober 2024.

Disebutkan, pemerintah akan mengembangkan ekonomi dengan konsep berkelanjutan, seperti pengembangan usaha nilam dan kelapa sawit.

Gubernur berjanji akan menyurati direktur Bank Indonesia untuk menghadirkan pabrik olahan minyak nilam berskala internasional di Aceh.

Selain nilam, Pj Gubernur  juga akan mendorong pendirian pabrik minyak goreng di Aceh.

Kepala perwakilan BI Aceh, Rony Widijarto menyebutkan Aceh memiliki potensi sumber daya alam  yang dapat menjadi sumber ekonomi, namun perlu diolah agar menghasilkan beragam produk bernilai tambah.

“Atas dasar itu, kami melakukan upaya bersama untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya alam Aceh dengan mengembangan UMKM khususnya di bidang pangan,” kata Rony.

Meuseuraya Festival  akan berlangsung dari 14 sampai 20 Oktober 2024 di Gelanggang USK dan Suzuya Mall Banda Aceh, sejumlah UMKM Aceh dengan ragam produk hadir dalam expo tersebut. []

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi