Ketua PKK Aceh Kampanyekan Gerakan Cinta Pangan Lokal

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH  – Pj Ketua PKK Aceh, Safriati menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia  yang digelar Dinas Pangan Aceh di Banda Aceh, Sabtu 19 Oktober 2024.

Acara tersebut juga dihadiri oleh asisten II Sekda Aceh, Zulkifli bersama sejumlah kepala SKPA dan kepala Biro di lingkungan Setda Aceh.

Safriati mengapresiasi keterlibatan  PKK Aceh dalam acara itu. “Kami sangat mendukung gerakan stop boros pangan yang digagas oleh Dinas Pangan Aceh, ini penting untuk diterapkan, karena kita harus mengambil dan makan secukupnya,” ujarnya.

Ketua PKK Aceh itu juga mengajak  masyarakat untuk mencintai produk pangan lokal khususnya ikan yang bernilai gizi tinggi dan dapat diolah dengan beragam cara menarik.

Istri Pj Gubenur itu juga memberikan edukasi kepada siswa SMA 3 Banda Aceh tentang pentingnya pola makan yang bergizi untuk mendukung pertumbuhan mereka.

Diingatkan juga kepada siswa agar tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga mengasah keterampilan lain sejak dini.

Asisten II Sekda Aceh, Zulkifli  yang mewakili Pj Gubernur  menegaskan bahwa pangan adalah hak asasi manusia yang harus dipenuhi oleh negara.

“Pangan adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi dalam jumlah yang cukup, bermutu, dan terjangkau dan tidak boleh bertentangan dengan agama atau keyakinan masyarakat,” ujar Zulkifli.

Kepala Dinas Pangan Aceh, Surya Rayendra dalam sambutannya menekankan pentingnya hak atas pangan. “Pangan adalah hak dasar manusia setelah udara dan air, kami bangga dengan partisipasi berbagai pihak yang mendukung acara ini,” kata Surya.

Surya juga memaparkan beberapa prestasi yang diraih oleh Dinas Pangan Aceh, di antaranya sertifikasi laboratorium terbaik, penghargaan panel harga terbaik dari Bappenas serta keberhasilan pelaksanaan program GENIUS (Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa).

Edukasi dan Sedekah Pangan

Sehari sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Safriati juga membuka kegiatan Edukasi dan Sedekah Pangan dalam rangka memperingati Hari Pangan Seunia di Limpok, Darussalam, Jumat 18 Oktober 2024.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Rumoh Pangan Aceh bekerja sama dengan PKK Aceh, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Aceh dan PT. Solusi Bangun Andalas.

Kegitan tersebut bertujuan  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menyusui bagi kaum ibu dan bagaimana gizi yang tepat serta pola makan sehat bagi anak.

Pada kesempatan itu Safriati juga menyerahkan bantuan pangan secara simbolis kepada ibu menyusui, ibu hamil dan lansia. []

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi