NEWS  

Pemerintah Aceh Wujudkan Birokrasi Adaptif dalam Ekosistem Digital

Seremoni pembukaan pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) dan Digital Government Academy (DGA) di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Senin, 21 Oktober 2024.(Foto Humas Pemerintah Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – ASN Aceh mengikuti program pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) dan Digital Government Academy (DGA) yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Digital RI bersama Pemerintah Aceh.

Plt Sekda Aceh, Muhammad Diwarsyah ketika membuka pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) dan Digital Government Academy (DGA) di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Senin, 21 Oktober 2024.(Foto Humas Pemerintah Aceh)

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Aceh, Muhammad Diwarsyah ketika membuka pelatihan di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Senin, 21 Oktober 2024 mengatakan pelatihan tersebut merupakan upaya mewujudkan birokrasi yang adaptif dan efektif dalam ekosistem digital yang modern.



“Dengan kata lain, pemerintahan digital penting karena dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas layanan publik,” kata Diwarsyah.

Diwarsyah menyebutkan beberapa manfaat pemerintahan digital di antaranya meningkatkan akuntabilitas, partisipasi masyarakat, efisiensi administrasi publik, aksesibilitas informasi, mempercepat pembangunan berkelanjutan, dan lebih memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

“Akselerasi digitalisasi pemerintahan juga dipercaya dapat membawa transformasi reformasi birokrasi di tahun 2025 menuju dynamic governance, sebagaimana birokrasi di negara-negara maju di dunia. Dalam konteks ini, pemimpin harus berpikir secara cerdas dan taktis dengan cara mengartikulasikan ide-idenya,” ujar Diwarsyah.

Pelatihan DLA berlangsung dari 21 hingga 7 November 2024. Sedangkan DGA mulai 21 hingga 25 Oktober 2024.

Pelatihan diikuti Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Aceh, Pimpinan Perguruan Tinggi, Relawan TIK dan para ASN dari seluruh SKPA sebanyak 110 orang. []