NEWS  

Dinsos Aceh Besar Raih Peringkat Lima Nasional

PORTALNUSA.com | ACEH BESAR –Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar meraih trend prestasi kinerja positif  pada triwulan penutup tahun 2024 dengan peringkat lima nasional dan terbaik di Aceh.

Peringkat tersebut didapat dalam hal pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akumulasi penilaian  Januari hingga September 2024.

DTKS adalah data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

Berdasarkan UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, pemerintah kabupaten/kota memiliki kewenangan dalam pendataan dan pengelolaan data fakir miskin cakupan daerah.

Plt Kadis Sosial Aceh Besar, Aulia Rahman menyebutkan  penilaian kinerja pelaporan DTKS itu dilakukan oleh Pusdatin Kemensos RI sesuai dengan laporan rutin dari dinas sosial kabupaten/kota hingga provinsi.

“Alhamdulillah, sesuai dengan pemberitahuan resmi dari Pusdatin Kemensos, Aceh Besar berada di peringkat lima nasional serta yang teratas di Aceh,” kata Aulia, Rabu 23 Oktober 2024.

Terpisah, Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto menyatakan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih OPD di lingkungannya itu.

“Ini benar benar prestasi yang layak disyukuri dan diberi apresiasi, inilah cermin kinerja yang mendapat penilaian secara regulatif dan fair dari instansi atasan,” puji Iswanto.

Disebutkan,  prestasi level nasional itu tak terlepas dari kontribusi keuchik beserta jajarannya, terkhususnya para operator aplikasi SIKS gampong yang telah mendedikasikan kinerjanya untuk membantu masyarakat kurang mampu.[]

Penulis: MeylindaEditor: Redaksi