.
.
.

Sinergi dengan Masyarakat, Hubdam IM Bersihkan Area Makam Bersejarah di Alue Deah Teungoh

Gotong royong membersihkan area makam bersejarah di Gampong Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh melibatkan TNI dari Hubdam IM berkolaborasi dengan berbagai unsur lainnya, termasuk masyarakat, Jumat, 20 Januari 2023. (Dok Hubdam IM)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Prajurit TNI dari Perhubungan Daerah Militer (Hubdam) Iskandar Muda (IM) membersihkan area makam sejarah era Kerajaan Aceh di Gampong Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, Jumat, 20 Januari 2023. Kerja bakti tersebut dilakukan bersama masyarakat.

Gotong royong (meuseuraya) tersebut merupakan kesinambungan dari kegiatan serupa yang dilaksanakan minggu lalu.

Kegiatan diawali apel memberikan arahan tentang mekanisme pembersihan dan penataan makam. Kemudian peserta langsung bergerak membersihkan semak belukar dan rumput yang menutupi area makam.

Setelah area makam bersih dilanjutkan pendataan dan pendokumentasian makam meliputi kondisi awal makam, posisi dan jumlah nisan. Setelah pendataan, peserta menegakkan dan membersihkan nisan sesuai ketentuan.

Kahubdam IM, Kolonel Chb Jun H. Mastra mengatakan, kerja bakti ‘Jumat Bersih dan Peduli’ merupakan upaya Hubdam IM untuk membangun sinergitas dengan elemen masyarakat dengan menggelar kerja bakti membersihkan makam kuno peninggalan sejarah di wilayah Aceh.

Kegiatan meuseuraya diikuti perangkat gampong dan Keuchik Alue Deah Teungoh, petugas dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah Aceh, Staf Wali Nanggroe Aceh, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Banda Aceh, Babinsa Meuraxa Kodim 0101/KBA, Polsek Ulee Lheue, Mapesa, warga masyarakat sekitar dan prajurit TNI dari Hubdam IM.[]