Duka untuk Turki dari Pulau Paling Barat Indonesia

Pj Wali Kota Sabang menyampaikan duka cita mendalam untuk masyarakat Turki, Suriah, dan Lebanon yang ditimpa bencana gempa beberapa hari lalu. (Foto Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Pemerintah Kota Sabang bersama jajaran dan seluruh masyarakat di pulau paling barat Indonesia tersebut menyampaikan duka cita mendalam atas musibah gempa yang menimpa Turki dan Suriah beberapa hari lalu.

Upate data hingga Jumat, 10 Februari 2023, gempa berkekuatan 7,8 SR itu telah mengakibatkan 17.176 orang meninggal, ribuan terluka, dan dampak lain berupa kerusakan kerusakan berbagai fasilitas sosial dan umum di kedua negara tersebut.

“Kami turut berduka atas musibah yang dialami saudara-saudara kami di Turki dan Suriah. Kami sudah mengkoordinasikan penggalangan bantuan untuk Turki dan Suriah yang dikoordinir Bagian Kesra Setda Kota Sabang,” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Jumat, 10 Februari 2023.

Menurut Reza, apa yang dilakukan sesuai Surat Edaran Wali Kota Sabang dan juga berdasarkan instruksi Pj Gubernur Aceh. Dalam surat edaran Wali Kota Sabang tersebut disampaikan, seluruh elemen masyarakat dapat berdonasi melalui Bank Aceh Syariah atas nama Donasi Gempa Turki Sabang dengan nomor rekening: 110-02.24.999999-9.

Lebih lanjut dikatakan, pada saat musibah tsunami Aceh 26 Desember 2004, Turki telah ikut berperan dalam membantu rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pascabencana yang menewaskan ratusan ribu masyarakat Aceh.

Reza Fahlevi juga mengimbau seluruh masyarakat agar ikut membantu yang bisa dikumpulkan ke Bagian Kesra Setda Kota Sabang. Setelah donasi serta bantuan terkumpul, Pj Wali Kota Sabang akan menyerahkannya kepada Pemerintah Provinsi Aceh untuk disalurkan ke Turki dan Suriah.

“Mari kita bersama-sama membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Turki dan Suriah sambil tetap berdoa semoga mereka diberi kekuatan menghadapi musibah ini,” demikian Pj Wali Kota Sabang.(adv)

Writer: Azminurti ThursinaEditor: Redaksi