Lebih 6.000 Siswa SMA di Banda Aceh-Aceh Besar Ikut Try Out Masuk Perguruan Tinggi

Kadisdik Aceh, Drs Alhudri MM meninjau pelaksanaan try out tes masuk perguruan tinggi di dua SMAN di Banda Aceh dan dua di Aceh Besar, Jumat, 17 Februari 2023. (Foto for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Sebanyak 6.013 siswa kelas XII (kelas tiga) di seluruh SMA lingkup Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Kota Banda Aceh-Aceh Besar mengikuti try out tes masuk perguruan tinggi.

Pelaksanaan try out ditinjau oleh Kadisdik Aceh, Alhudri, Jumat, 17 Februari 2023 di SMAN 1 dan SMAN 7 Kota Banda Aceh, SMAN 1 Darul Imarah, dan SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar.

Saat peninjauan, Kadisdik Aceh didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh-Aceh Besar, Syarwan Joni MPd.

Menurut Alhudri, try out dilaksanakan untuk mempersiapkan lulusan SMA yang cakap saat menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (UTBK-SNPMB) perguruan tinggi.

Try out ini merupakan kali kedua dilakukan Cabang Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh-Aceh Besar bersama kepala musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS), dan para kepala sekolah. Adapun tahap ke-3 rencananya akan digelar menjelang bulan suci Ramadhan.

Alhudri meminta para kepala cabang dinas di daerah-daerah lain agar melakukan hal yang sama dalam mempersiapkan lulusan yang cakap saat tes masuk perguruan tinggi.

“Untuk di daerah lain nantinya akan kita informasikan semua kepada para kepala cabang dinas. Sehingga, anak-anak kita tidak lagi kaku bahkan merasa tidak percaya diri untuk mengikuti ujian yang sebenarnya nanti,” ujar Alhudri.

Alhudri mengapresiasi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, kepala MKKS, dan kepala sekolah yang telah berinisiatif melakukan try out secara mandiri dengan menggunakan aplikasi Rajin.id.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh-Aceh Besar, Syarwan Joni menambahkan bahwa try out seperti ini nantinya juga akan dilakukan untuk para pelajar di SMK.

Akan tetapi, sebagai sekolah vokasi, try out ini nantinya hanya dilakukan untuk para pelajar yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kalau SMK kan ada yang langsung kerja, ada juga siswa yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi, nah untuk yang mau ke perguruan tinggi ini juga akan nanti kita bekali dengan try out,” katanya.

Turut hadir bersama rombongan Kepala Bidang Pembinaan SMA dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK), Dr Hamdani MPd, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Sya`baniar SE, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Banda Aceh dan MKKS Aceh Besar. []