.
.
.

Di Arena Banda Aceh CFD, Pak Amin Layaknya Magnet bagi Pelaku UMKM

Aminullah Usman bersama pelaku UMKM di arena Banda Aceh CFD, Minggu, 5 Maret 2023. (Foto for Portalnusa.com)


PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Kehadiran Aminullah Usman di arena Banda Aceh Car Free Day (CFD), Minggu, 5 Maret 2023 tak ubahnya magnet yang menyedot pelaku UMKM.

Seperti biasanya, ketika Aminullah tiba di arena Banda Aceh CFD, langsung dielu-elukan oleh pelaku UMKM yang membuka usaha di Jalan Tgk Daud Beureu-eh tersebut.

Seperti biasa pula, Aminulllah yang dikenal sebagai “Bapak UMKM Banda Aceh” dan inisiator CFD merespons pelaku UMKM dengan memborong dagangan mereka. Hasil borongan itu dibagi-bagikan kepada masyarakat yang hadir di arena CFD.

Menurut Aminullah, CFD sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan warga kota, di mana melalui CFD warga bisa saling bersilaturahmi dan berolahraga sembari menikmati beragam kuliner dan hiburan yang tersedia.

“Dengan adanya CFD ini dapat membangkitkan dunia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), menghidupkan komunitas, seni budaya, dan menjadi ruang kreativitas bagi anak muda.” Kata Ketua DPD PAN Banda Aceh ini  usai mengikuti senam bersama warga.

Sebagaimana diketahui publik, saat  Aminullah memimpin Banda Aceh, ia sangat fokus dan konsen kepada UMKM.

Data dari dinas terkait pada tahun 2017 jumlah UMKM di Banda Aceh 8.255 unit. Meskipun diterpa badai pandemi, data menunjukkan UMKM tetap tumbuh subur di tahun 2021 mencapai 16.970 unit, dan hingga masa jabatan Aminullah berakhir di tahun 2022 berhasil menembus 17.300 UMKM.

Amatan PORTALNUSA.com, Minggu pagi, 5 Maret 2023, terlihat antusias para pelaku UMKM di Banda Aceh CFD menyambut kedatangan mantan orang nomor satu di Kota Banda Aceh itu.

Saat menyapa satu per satu pelaku UMKM dan warga yang berhadir di Banda Aceh CFD, langsung saja berduyun-duyun melakukan swafoto bersama Aminullah.

Hal yang menarik adalah, tak hanya pelaku UMKM yang menanti kedatangan Aminullah, tapi hal yang sama juga terlihat dari para pejabat Pemerintah Kota Banda Aceh yang secara satu per satu menyambangi Aminullah sembari memberi salam dan berdiskusi serta saling melepas canda.

Ditanya wartawan apa yang paling berkesan di Banda Aceh CFD edisi 5 Maret 2023, Aminullah mengatakan, dia paling bahagia ketika berkesempatan bertemu dan berdiskusi dengan pelaku UMKM.

Aminullah mengajak pelaku UMKM di Banda Aceh memanfaatkan arena CFD setiap minggunya untuk berjualan, karena perputaran ekonomi sepanjang kegiatan CFD dari pukul  07.00 sampai 10.00 WIB cukup baik dan gemilang, karena ada yang mengaku bisa mendapat hasil penjualan sampai Rp 5 juta.

Aminullah yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh mengharapkan agar semakin banyak pihak yang mensponsori kegiatan Banda Aceh CFD, baik perusahaan, lembaga, instansi pemerintah, maupun pihak lainnya.

“Akan ada multiplier effect yang bisa didapatkan dari mensponsori kegiatan ini, sebab selain menjadi ajang promosi produk atau layanannya, juga sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Aminullah yang berhasil menumbuhkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banda Aceh meraih 85,71% Terbaik II Nasional dan mampu menekan angka kemiskinan pada tahun 2016 sebesar 12% menjadi 7,13% pada 2022. []