Spekulasi Sosok Dirut Bank Aceh Akan Terjawab pada RUPS 9 Maret 2023

Muhammad MTA

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Bank Aceh Syariah (BAS) menjadwalkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Banda Aceh, Kamis, 9 Maret 2023.

“Salah satu agenda RUPS adalah penentuan Direktur Utama (Dirut) BAS,” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA menjawab Portalnusa.com.

Menurut Muhammad MTA, Gubernur Aceh selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP) telah menyampaikan undangan kepada seluruh bupati dan wali kota se-Aceh sebagai pemegang saham.

“Terkait agenda-agenda lain berkenaan dengan RUPS akan disampaikan secara khusus setelah RUPS digelar,” ujar pria yang akrab dipanggil MTA tersebut.

Pengamatan media ini, spekulasi terkait siapa nantinya yang akan menduduki posisi Dirut BAS begitu gencar sejak beberapa bulan terakhir. Isu ‘orang luar’ dan ‘orang dalam’ menjadi bumbu utama pada setiap diskusi dan tanggapan para pengamat, baik pengamat yang benar-benar paham atau pengamat dadakan yang sekadar cari panggung.

Seorang pejabat di kalangan BAS mengaku pusing dengan berbagai isu dari ‘radio patok’ dengan berbagai macam versi. “Macam bagoe dikomentari tentang BAS (terutama tentang posisi dirut), mumang bak tadeungo (beragam komentar tentang BAS, terutama untuk posisi dirut pening kita dengar),” kata bankir tersebut.

Mengenai banyaknya pengamat, sumber tersebut menanggapi, “pengamat yang sebagian besar patut dipertanyakan kapasitas dan kredibilitasnya. Malah leubeh cenderung kadang-kadang provokatif.”

Seperti diketahui, sebelumnya Gubernur Aceh selaku PSP BAS telah menerima hasil fit and proper test calon Dirut BAS dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Senin, 20 Februari 2023.

Dalam seleksi itu diketahui ada dua bankir yang mengikuti fit and proper test yaitu Muhammad Syah dan Nana Hendriana. Tapi siapa di antara keduanya yang akan ditetapkan sebagai Dirut BAS, akan terjawab pada RUPS 9 Maret 2023. []