Kakanmenag Abdya: Mutu Madrasah Tak Kalah dengan Sekolah Umum

Kakankemenag Abdya, Dr. Salman Al Farisi memberikan sambutan pada kegiatan Education Of Madrasah Collaborate Competition (EMC2) MTsN 3 Abdya, Gampong Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee, Selasa, 14 Maret 2023. (Foto Muhammad Taufik/Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Abdya, Dr. Salman Al Farisi, S.Ag., M.Pd meyakinkan bahwa intansi di bawah komandonya mampu bersaing bagian mutu dan kualitas dengan lembaga pendidikan lainnya di Abdya.

Hal itu disampaikan Salman dalam sambutannya pada membukaan kegiatan Education of Madrasah Collaborate Competition (EMC2) MTsN 3 Abdya, Gampong Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee, Selasa, 14 Maret 2023.

“Kerja-kerja lillahi ta’ala yang kita lakukan, tapi yakinlah, Kemenag Abdya mampu bersaing dengan teman-teman yang lain tentang mutu dan kualitas, walaupun dari segi sarana dan prasarana kita belum memadai,” tandas Salman Alfarisi.

Di hadapan anggota Komisi VI DPR RI, Rafly Kande, Salman menyampaikan dukungan dan harapan kepada anggota legislatif di Senayan, khususnya wakil rakyat dari Dapil 1 Aceh, agar membantu dalam peningkatan SDM mutu pendidikan di bawah Kemenag Abdya.

“Kami berharap Kanda Rafly memperjuangkan pada Kemenag RI, khususnya di Abdya, karena walaupun kita masih terdapat kekurangan, namun kita masih mampu bersaing,” katanya.

Beralih pada kegiatan yang sedang berlangsung, Salman menyebutkan bahwa madrasah-madrasah di bawah Kemenag Abdya telah menyelesaikan event-event penting seperti yang dilaksanakan hari ini.

“Event besar seperti ini sudah kita laksanakan di madrasah-madrasah lain, ini bahagian dari penyampaian kepada masyarakat Abdya,” sebutnya.

Kegiatan EMC2 adalah perdana dilaksanakan MTsN 3 Abdya, di mana kegiatan ini akan berlangsung sejak 14-16 Maret 2023, dan diperlombakan sejumlah cabang lomba tingkat SD/MI, yakni Tahfiz Quran, Tilawah Alquran, Cerdas Cermat, Rangking Satu, Pidato Bahasa Indonesia, Lari 80 Meter dan Bola Mini.

Adapun peserta yang ikut kompetensi dalam kegiatan ini berjumlah 448 orang, itu terdiri atas 24 SD/MI dalam Kecamatan Jeumpa, Kuala Batee, dan Babahrot.

Kegiatan EMC2 MTsN 3 Abdya dibuka oleh anggota Komisi VI DPR RI, Rafly Kande.

Hadir dalam kesempatan itu Camat Kuala Batee, Khairuman, Kapolsek Kuala Batee, Ipda Rahman dan puluhan kepala SD/MI dalam tiga kecamatan tersebut. []