.
.
.
HIS, NEWS  

Farid Nyak Umar Rujuk Bang Buyong Penderita Autoimun ke RSU Meuraxa

Bang Buyong dtandu dari rumahnya di Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh untuk dibawa ke RSU Meuraxa guna penanganan medis lebih lanjut. Bang Buyong dijemput ke kediamannya oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar didampingi pimpinan gampong dan kecamatan, Rabu, 15 Maret 2023. (Foto for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Derita menahun Baharuddin (72), penderita autoimun (kulit melepuh), warga Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh ditanggapi oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar.

Farid bukan sebatas melihat kondisi Baharuddin, tetapi merujuknya ke RSU Meuraxa untuk penanganan medis. Pria yang akrab disapa Bang Buyong tersebut dijempujt ke rumahnya dan dibawa ke rumah sakit pada Rabu siang, 15 Maret 2023.

Berita sebelumnya: “Saya Ingin Sembuh,” Ujar Pria Penderita Penyakit Autoimun Itu kepada Ketua DPRK Banda Aceh

Saat didatangi Farid Nyak Umar ke rumahnya, Bang Buyong terbujur lemah di tempat tidurnya. Turut hadir Camat Kuta Alam, Arie Januar; Ketua dan Komisioner Baitul Mal Kota, Suria Darma dan Aisyah; Kepala Puskesmas Kuta Alam, Lia Silvianty; Pj Keuchik Gampong Keuramat, Zulfitri; Kadus Seulanga, Teuku Azhari dan Babinkamtibmas, Radja.

Bang Buyong dirujuk ke rumah sakit dengan menggunakan ambulans gampong yang turut ditemani istrinya Suwarni.

Farid Nyak Umar turut mengantarkan Bang Buyong sampai ke IGD RSU Meuraxa yang disambut Dirut RSUM, Riza Mulyadi, Bersama Farid turut hadir Keuchik Gampong Keuramat, Zulfitri dan Camat Kuta Alam Arie Januar.

Di sela-sela mengantarkan Bang Buyong, Farid Nyak Umar mengatakan dirinya telah berkunjung ke kediaman Bang Buyong pada hari Senin, 6 Maret 2023 setelah menerima informasi dari warga Gampong Keuramat terkait kondisi Bang Buyong yang memprihatinkan.

“Setelah kunjungan pekan lalu, saya langsung menghubungi pihak terkait seperti Baitul Mal Kota dan pemko untuk penanganan kesehatan. Kita juga telah meminta Dinas Perkim untuk melihat kondisi rumah Bang Buyong yang memang kurang layak huni,” kata Farid usai mengantarkan Bang Buyong ke RSU Meuraxa.

Lebih lanjut Farid menceritakan untuk penangangan kesehatan Bang Buyong dirinya juga telah berkomunikasi dengan pihak Puskesmas Kuta Alam. Terkait dengan bantuan untuk fakir miskin sudah dibicarakan dengan Ketua Badan Baitul Mal Kota.

“Setelah kemarin saya berkoordinasi dengan Pj Keuchik, Camat, kepala puskesmas, dan dengan Dirut RSU Meuraxa akhirnya kita rujuk Bang Buyong ke RSU Meuraxa untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” kata Farid yang juga Ketua DPD PKS Kota Banda Aceh.

Farid mengapresiasi Dirut RSU Meuraxa, dr. Riza Mulyadi, SpAn dan jajarannya yang merespons dengan cepat penanganan pasien autoimun dan siap memberikan pelayanan terbaik untuk warga dari Gampong Keuramat tersebut.

Direktur RSU Meuraxa, Riza Mulyadi mengatakan jika dilihat dari riwayat penyakit, pasien ini menderita autoimun. Yang dikhawatirkan, katanya adalah efek samping terhadap peradangan kulit yang berpotensi menyebabkan infeksi.

Untuk saat ini pihak rumah sakit akan memberikan perawatan terlebih dahulu, memberikan antibiotik, serta memberikan antiradang. Setelah adanya hasil pemeriksaan lanjutan, baru kemudian diambil tindakan.

Menurut Riza, autoimun bisa saja sembuh sendiri, namun jika dilihat dari kondisi pasien saat ini, kemungkinan ada hal yang membuatnya terpicu seperti makanan, cuaca, dan keadaan lingkungan, sehingga reaksi berlebihan pada kulitnya menyebabkan luka seperti melepuh.

“Sudah kita tangani sambil menunggu hasil pemeriksaan secara komprehensif. Pelan pelan kita coba perbaiki, terutama mencegah infeksi yang berlebihan pada tubuh pasien,” demikian Riza Mulyadi. []