Meugang di Abdya 21 Maret, Pj Bupati Ingatkan Jangan Sembelih Ternak Berpenyakit

Pj Bupati Abdya, Darmansah, S.Pd., MM. (Foto for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Menyambut bulan Ramadhan 1444 H/2023 M, Pemkab Abdya menetapkan  tradisi meugang pada hari Selasa 21 Maret 2023.

Terkait tradisi meugang puasa 1444 H, Pemkab Abdya mengeluarkan Surat Edaran Nomor 450/438 Tanggal 14 Maret 2023 Perihal Pelaksanaan Hari Meugang dan Penetapan 1 Ramadhan 1444 H. Surat Edaran tersebut ditandatangani oleh Pj Bupati Abdya, Darmansah, S.Pd., MM.

Dalam surat tersebut, Pj Bupati Abdya menyampaikan beberapa poin penting untuk diketahui oleh masyarakat. Selain hari pelaksanaan meugang dan penetapan  1 Ramadhan  juga terkait titik lokasi meugang, di mana lokasi tempat penjualan daging agar diperhatikan kondisi kenyamanan warga, kebersihan tempat, serta tidak mengganggu arus lalu lintas.

Darmansah juga menegaskan, agar ternak yang akan disembelih dilihat kondisi kesehatannya, tidak sedang terjangkit penyakit menular yang membahayakan kesehatan pembeli, dan ini harus dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Dinas Pertanian dan Pangan Abdya.

Demi untuk tercapai keberlangsungan itu, Darmansah meminta camat dalam Kabupaten Abdya agar bersama-sama melakukan pemantauan di lapangan, serta bekerjasama dengan pihak Dinas Pertanian dan Pangan Abdya.

Di poin terakhir, Pj Bupati Abdya mengatakan, penetapan 1 Ramadan 1444 H/2023 M, Pemkab Abdya tetap berpedoman kepada Keputusan Kementerian Agama RI.[]