Menyegerakan Berbuka Menjadi Salah Satu Amalan Sunnah Saat Buka Puasa, Mengapa?

Ilustrasi. Foto: Langit7/iStock.

SETIAP tiba bulan Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba melakukan amalan sunnah. Salah satunya adalah melakukan tiga amalan sunnah saat berbuka puasa.

Tiga amalan sunnah tersebut yaitu: menyegerakan berbuka, mengawali santap dengan kurma atau air putih, dan membaca doa berbuka puasa. Ketiga amalan sunnah itu memiliki manfaat kesehatan dan mengandung berkah.

1. Segerakan Berbuka

Menyegerakan berbuka merupakan amalan sunnah saat berpuasa. Terkait ini, tercatat dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim sebagai berikut:

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : ” لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ”.

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no 1957 – Muslim no.1098).

2. Berbuka puasa dengan kurma

Rasulullah menyarankan mengawali santap berbuka dengan memakan kurma, bila tidak ada boleh dengan makanan manis lainnya. Dengan air putih lebih baik.

َنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ : ” إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ ؛ فَإِنَّهُ طَهُورٌ

Dari Nabi SAW. beliau bersabda, “Apabila di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena kurma mengandung berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air putih karena air putih itu bersih (dapat menetralisir).’ (HR. Tirmidzi no. 658).

3. Berdoa

Hendaknya saat berbuka puasa kita membaca doa. Misalnya membaca doa:

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu, wa tsabatal ajru in syaa Allah

Artinya: “Telah hilang dahaga, dan telah basah tenggorokan, dan telah ditetapkan pahala insya Allah.” (HR. Abu Daud no. 2010) Atau doa yang biasa kita baca:

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahummalakasumtu wabika aamantu wa’alarizqika afthortu birohmatikaya ar-hamarrahimin

Artinya: “Ya Allah Dzat yang Maha Pemurah dari segalanya, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki dan kasih sayang-Mu aku berbuka.”
(langit7.id)