.
.
.

PWI Aceh Salurkan Puluhan Juta Rupiah Santunan Yatim, “Terima Kasih Donatur”

Pengurus PWI Aceh bersama Pj Bupati Aceh Utara, GM PLN Aceh, dan GM PT SBA foto bersama dengan anak yatim pada acara Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh yang dirangkai dengan santunan anak yatim, Sabtu 18 April 2023. (Dok PWI Aceh)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh menyalurkan santunan untuk anak yatim sebesar LEBIH Rp 30 juta yang dibagi untuk 50 anak dengan prioritas anak yatim wartawan.

Selain mendapatkan santunan uang tunai masing-masing Rp 600.000 juga paket makanan siap saji (KFC) dan kain sarung.

“Terima kasih donatur, amanah yang dititip melalui PWI Aceh sudah kami tunaikan,” kata Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin dalam sambutannya pada acara Silaturahmi Ramadhan yang diisi dengan tausiah Nuzulul Quran, santunan yatim, dan buka puasa bersama di Kantor PWI Aceh, kawasan Simpang Lima, Banda Aceh, Sabtu 8 April 2023/17 Ramadhan 1444 H.

Ustadz Faizal Adriansyah menyampaikan tausiah. (Dok PWI Aceh)

Ucapan terima kasih kepada donatur dan berbagai pihak lainnya yang telah mendukung suksesnya Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh tahun ini juga disampaikan Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Saman dalam laporannya.

Menurut Saman, anak yatim yang disantuni merupakan anak yatim wartawan anggota PWI dan anak yatim non-panti yang difasilitasi oleh pengurus PWI Aceh dari berbagai kawasan termasuk di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Sumber dana untuk santunan anak yatim digalang oleh Pengurus PWI Aceh dari kalangan internal dan eksternal.

Dari kalangan internal termasuk donasi dari Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari dan salah seorang tokoh PWI tingkat nasional, Hendry Ch Bangun.

“Sedangkan dari kalangan eksternal umumnya adalah relasi dan mitra kerja baik atas nama pribadi maupun lembaga,” ujar Muhammad Saman dalam laporannya.

Ceramah nuzulul Quran

Acara yang dipandu oleh Rifki Ismail dari Aceh Besar tersebut juga diisi dengan ceramah nuzulul Quran oleh Ustadz Ir. Faizal Adriansyah, M.Si.

Ustadz Faizal yang juga Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Administrasi Negara (Puslatbang KHAN) Aceh, dalam ceramahnya memaparkan berbagai keutamaan Ramadhan, di mana salah satu keutamaan terbesar adalah turunnya Alquran.

Faizal yang juga Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Aceh periode 2010-2014 dan 2014-2017 juga mengilustrasikan tentang alam semesta yang sangat luar biasa.

Dari kiri ke kanan, GM PLN Wilayah Aceh,, Penasehat PWI Aceh Bustamam Ali, Ustadz Faizal Adriansyah, dan Dirut Bank Aceh Muhammad Syah pada acara Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh. (Dok PWI Aceh)

“Semua berjalan dalam garis edar masing-masing, dengan kecepatan yang tetap. Bila bumi ini mempercepat atau memperlambat putarannya, maka hancurlah. Sangat luar biasa dan hendaknya ini menambah keimanan kita,” ujar pakar kebencanaan yang juga penulis buku ‘Aceh Laboratorium Bencana’ tersebut.

Ratusan undangan

Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh dihadiri sekitar 300 undangan dari berbagai unsur, baik unsur pemerintah, lembaga, perusahaan, dan mitra kerja lainnya.

Di antara undangan yang hadir termasuk Dirut Bank Aceh Muhammad Syah, CEO BSI Regional 1 Aceh Wisnu Sunandar, GM PT Solusi Bangun Andalas (SBA) Anwar Bakti, GM PLN Aceh Parulian Novriandi, perwakilan BPMA, perwakilan Hotel Kyriad Muraya Hotel, dan Kepala Cabang BPRS Lambaro.

Juga hadir dua mantan Dirut Bank Aceh, yaitu Haizir Sulaiman dan Aminullah Usman yang kini Ketua DPD PAN Kota Banda Aceh.

Dari lingkup Pemerintah Aceh hadir Jubir Pemerintah Aceh Muhammad MTA, perwakilan Kadistanbun Aceh M. Zaini, Kadis Sosial Aceh diwakili Michael Octaviano, pejabat dari Humas/Biro Adpim Setda Aceh M. Gade Ridwan.

Dari Kodam Iskandar Muda hadir Kapendam Kolonel Inf Irhamni Zainal beserta dua perwakilan dari Bidang Humas Polda Aceh.

Undangan lainnya dari kabupaten/kota di antaranya Pj Wali Kota Banda Aceh diwakili Kadiskominfotik Fadhil, S.Sos, MM, Pj Wali Kota Sabang diwakili Kabag Prokopim Ady Akmal, Pj Bupati Aceh Besar diwakili beberapa staf khususnya.

Masih dari jajaran kepala daerah hadir juga Pj Bupati Aceh Utara Azwardi AP M.Si didampingi Kabag Humasnya Muslim S. Sos dan pejabat Diskominfo Hamdani S.Ag.

Dalam rombongan Pj Bupati Azwardi turut pula Ketua PWI Aceh Utara Abdul Halim bersama bendaharanya Fadhil dan Penasehat Yuswardi Mustafa. Juga hadir akademisi Unimal Dr. M. Akmal.

Dari kalangan politisi terlihat Ketua DPD II Golkar Banda Aceh, Sabri Badruddin.

Selain itu hadir juga Ketua Kadin Aceh Muhammad Ikbal, Ketua DPD AMPI Aceh Khalid, S.Pd.I, Ketua DPD Granat Aceh Agusni Usman, Ketua APSI Aceh Zuhaimi, Ketua DPD HIPSI Aceh, Muhammad Balia.

Acara Silaturahmi Ramadhan PWI Aceh juga dihadiri perwakilan dari organisasi pers seperti AJI, IJTI, dan PFI. Juga berbaur perwakilan asosiasi perusahaan pers, SMSI, JMSI, dan AMSI.

Sejumlah senior PWI Aceh di antaranya Adnan NS, TM Yusuf BBA, Bustamam Ali dan para pimpinan media ikut meramaikan kegiatan bernuansa syiar tersebut. []