Harga Daging Meugang Idul Fitri di Sabang Tembus Rp 200.000/Kg

Selain daging sapi dan kerbau, tradisi meugang di kalangan masyarakat Aceh juga mengonsumsi daging unggas, seperti ayam dan bebek. Penjual ayam di Kota Sabang melayani pembeli pada meugang Idul Fitri 1444 H. (Dok Humas Pemko Sabang)

PORTALNUSA.com | SABANG – Harga daging (sapid an kerbau) pada meugang Idul Fitri hari pertama dan kedua di Kota Sabang berkisar antara Rp 180.000 hingga Rp 200.000/kg.

Pada meugang kali ini, Sabang menyembelih 55 ekor sapi dan dua ekor kerbau. Rinciannya, pada meugang hari pertama, Kamis 20 April 2023 disembelih 33 ekor sapi dan satu ekor kerbau sedangkan meugang kedua, 21 April 2023 sebanyak 22 ekor sapi dan satu ekor kerbau.

Pj Wali Kota Sabang,Reza Fahlevi mengatakan, Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada 22 April 2023. Di Aceh, biasanya dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri ada trdisi meugang yang merupakan tradisi turun temurun di masyarakat. Meuang juga dilaksanakan menjelang Ramadhan dan Idul Adha.

“Selain banyaknya pedagang daging musiman yang berjualan, ciri khas meugang di Sabang juga terlihat dari ramainya pedagang bumbu siap saji dan pedagang sayur yang meluber ke pinggir jalan,” kata Reza.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Sabang, Hariadi mengatakan, kualitas daging terjamin bagus, karena pihaknya sudah memeriksa dengan seksama, mulai dari surat kesehatan ternak maupun kondisi ternak baik sebelum maupun sesudah disembelih.

“Semua ternak tersebut tentunya sudah Kami cek sebelum maupun sesudah disembelih, Alhamdulillah semuanya sehat. Dalam dua hari meugang ini kami juga tidak menemukan kasus fasciola hiepatica/cacing hati pada sapi maupun kerbau,” ungkapnya.

Mengenai harga daging pada meugang pertama dan kedua, menurut Hariadi berkisar Rp 180.000 hingga Rp 200.000/kg. Sedangkan jumlah penjual daging pada meugang pertama 26 orang dan meugang kedua 22 orang.[]