Kankemenag Abdya Beri Orientasi Penguatan Moderasi Beragama Kepada Masyarakat

Kepala Kankemenag Abdya, Salman Al Farisi memberikan sambutan ketika membuka acara orientasi moderasi beragama di hadapan puluhan peserta di Aula Cafe Nongkrong, Blangpidie, Kamis, 11 Mei 2023. (Foto Humas Kankemenag Abdya/for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Kepala Kankemenag Abdya, Dr. Salman Al Farisi, SAg, MPd menegaskan pentingnya orientasi penguatan moderasi beragama guna mencegah cara beragama ekstrem, fanatisme berlebihan, tidak bersikap adil dan berimbang.

Penegasan tersebut disampaikan Salman pada kegiatan orientasi penguatan moderasi beragama di hadapan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan ormas keagamaan yang diselenggarakan Kankemenag Abdya di Aula Cafe Nongkrong, Blangpidie, Kamis, 11 Mei 2023.

“Saya berharap agar kita semua memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya moderasi beragama, karena moderasi beragama adalah cara mengekspresikan sikap beragama dengan tidak ekstrem, tidak fanatisme berlebihan, bersikap adil, dan berimbang,” ujar Salman Al Farisi dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut.

Lanjutnya, selama ini pelaksanaan moderasi beragama di Kabupaten Abdya sudah berjalan dengan baik, sikap saling menghargai antar umat beragama pun cukup tinggi, sehingga dalam menjaga kehidupan umat beragama berbangsa dan bernegara juga berjalan sebagaimana mestinya.

Kegiatan orientasi moderasi beragama Kankemenag Abdya berlangsung empat hari hingga Minggu, 14 Mei 2023 diikuti 30 peserta dari berbagai elemen masyarakat. []