Keberadaan Pabrik Getah Pinus di Gayo Lues jangan Hanya untuk Kepentingan Perusahaan

Pj Bupati Gayo Lues, Alhudri meninjau pabrik pengolahan getah pinus PT Kencana Hijau Bina Lestari di Kampung Pinang Rugub, Kecamatan Rikit Gaib, Gayo Lues, Jumat, 12 Mei 2023. (Foto Bagian Prokopim Setdakab Gayo Lues/for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | BLANGPIDIE – Pj Bupati Gayo Lues, Alhudri berharap agar kehadiran tiga pabrik getah pinus di kabupaten itu harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, bukan hanya untuk kepentingan perusahaan.

“Menjadi kewajiban perusahaan memperhatikan kebutuhan sosial yang dilaksanakan melalui Corporate Social Responsibility (CSR),” kata Alhudri di sela-sela meninjau pabrik getah pinus PT Kencana Hijau Bina Lestari di Kampung Pinang Rugub, Kecamatan Rikit Gaib, Gayo Lues, Jumat, 12 Mei 2023.

Mengutip siaran pers yang dikirim Bagian Prokopim Setdakab Gayo Lues, Alhudri juga meminta pihak perusahaan mengutamakan kesempatan kerja bagi putra daerah agar pengangguran semakin berkurang.

“Kami meminta agar pabrik-pabrik ini meningkatkan produksi turunan lain selain gondorukem dan terpentin. Diversifikasi produksi ini akan membuka peluang tenaga kerja yang lebih besar di Gayo Lues,” tegas Alhudri.

Alhudri membuka diri untuk siapa saja yang ingin berinvestasi di Gayo Lues. Pihaknya memberikan kemudahan bagi investor yang berminat, asalkan kehadiran perusahaan bermanfaat bagi masyarakat setempat dan juga daerah.

Sebanyak tiga perusahaan pabrik pengolahan getah pinus telah beroperasi di Kecamatan Rikit Gaib, yakni PT Kencana Hijau Bina Lestari, Hong Hok dan perusahaan Turki. []