Pangdam IM Launching Program I’M Jagong Ditandai Penanaman Serentak di Seluruh Aceh

Peluncuran Program I’M Jagong dilanjutkan penanaman perdana di seluruh Aceh dipimpin oleh Pangdam IM, Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, Selasa, 23 Mei 2023. (Foto Pendam IM)

PORTALNUSA.com | BANDA ACEH – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P meluncurkan Program I’M Jagong ditandai penanaman serentak di tiga wilayah Provinsi Aceh, Selasa, 23 Mei 2023.

Pangdam IM ketika peluncuran Program l’M Jagong didampingi Ketua Persit KCK Daerah IM Ny. Iin Novi Helmy Prasetya beserta Forkopimda Aceh.

Dalam arahannya, Pangdam IM mengatakan, Program I’M Jagong memiliki tujuan yang sangat penting bagi Aceh.

Dalam konteks ini, penanaman jagung dianggap sebagai langkah strategis untuk meningkatkan produksi pangan dalam rangka mencapai kemandirian pangan.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, mengatasi stunting, serta mensukseskan program lumbung pangan nasional dan turut berkontribusi pada pembangunan mandiri di sektor pertanian dan industri.

Tahapan Program I’M Jagong ini terdiri beberapa langkah rinci yang diawali dengan dilakukannya finalisasi materi yang meliputi perencanaan dan persiapan teknis.

Selanjutnya, dilakukan riset dan pengumpulan data mengenai kondisi tanah untuk menentukan lokasi tanam awal. Setelah itu guna mendukung program ini juga dilakukan langkah bersama untuk rembuk pembiayaan.

Kegiatan Sosialisasi internal Kodam Iskandar Muda juga dilakukan agar seluruh anggota terlibat dan mendukung program I’M Jagong ini.

Selanjutnya, menjalin mitra dengan berbagai pihak seperti petani, distributor pupuk dan benih hingga jaminan asuransi.

“Sesuai amanat Presiden Republik Indonesia, diharapkan ke depan Indonesia tidak lagi impor jagung,” tandas Pangdam IM.

Pelaksanakan tanam perdana program I’M Jagong ini dibagi di tiga titik wilayah Kabupaten di Aceh, yaitu wilayah Timur dipusatkan di Desa Ulegedung, Kecamatan Sawang, Aceh Utara yang masuk wilayah Korem 011/LW. Untuk wilayah ini dibuka langsung oleh Pangdam IM.

Untuk wilayah Barat Korem 012/TU dipusatkan di Desa Meunasah Gantung, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat dibuka oleh Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, S.Sos., M.M., M.Tr. (Han).

Untuk wilayah Tengah Kodim 0101/KBA dipusatkan di Desa Bueng Simek, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar dibuka oleh Irdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M.

Luas lahan yang akan ditanami dalam program I’M Jagong mencapai 3.000 hektare, yang terbagi di wilayah Korem 011/LW seluas 1.000 hektare, Aceh bagian Barat Korem 012/TU seluas 1.000 hektare, dan wilayah Aceh bagian Tengah Kodim 0101/KBA seluas 1.000 hektare.[]