Aceh Barat Tingkatkan Kualitas Kearsipan dengan ‘Srikandi’

Pembukaan Workshop Srikandi di Aula Bappeda Aceh Barat, Rabu, 24 Mei 2023. (Dok Diskominsa for Portalnusa.com)

Laporan Rico Maharsi, Aceh Barat

PORTALNUSA.com | MEULABOH – Aceh Barat mengelola kearsipan dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Srikandi merupakan aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.

Aplikasi Srikandi diluncurkan Pemerintah RI, hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo).

“Srikandi bertujuan mendorong komitmen untuk meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan di wilayah Kabupaten Aceh Barat,” kata Sekda Aceh Barat, Marhaban SE., M.Si mewakili Pj Bupati Aceh Barat pada pembukaan workshop Srikandi yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Aula Bappeda Aceh Barat, Rabu 24 Mei 2023.

Sekda Marhaban menjelaskan, implementasi aplikasi Srikandi di Kabupaten Aceh Barat merupakan tindak lanjut dari Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Juga Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis.

“Penerapan aplikasi ini menjadi salah satu aspek penting dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” kata Marhaban.

Dikatakannya, pengembangan dan penerapan sistem informasi kearsipan yang baik membutuhkan komitmen yang tinggi serta langkah sinergis dari semua pihak.

Untuk itu, Sekda Aceh Barat mengharapkan dukungan dan kolaborasi dari seluruh stakeholder agar sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi di Kabupaten Aceh Barat dapat berjalan dengan optimal.

Workshop berlangsung dua hari, 24-25 Mei 2023 diikuti 37 Kasubbag Umum dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) di lingkungan Pemkab Aceh Barat.[]