Tanggul Krueng Nagan Ambruk, TRK Minta Pihak Balai Sungai Sumatera 1 Segera Tangani

Wakil Ketua DPR Aceh, Teuku Raja Keumangan melihat langsung kondisi tebing pengaman Krueng Nagan di wilayah Gampong Latong dan Lhok Pante Cermen, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya yang ambruk akibat tergerus erosi, Senin, 22 Mei 2023. (Foto for Portalnusa.com)

PORTALNUSA.com | SUKA MAKMUE – Tanggul Sungai Krueng Nagan di beberapa titik dalam wilayah Gampong Latong dan Lhok Pante Cermen, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya dilaporkan ambruk sehingga harus ditangani secepatnya.

“Kami minta pihak Balai Sungai Sumatera 1 untuk segera menangani permasalahan ini sebelum bertambah parah,” kata Wakil Ketua DPR Aceh, Dr. Teuku Raja Keumangan, S.H.,M.H kepada Portalnusa.com, Kamis, 25 Mei 2023.

Pria yang dikenal dengan panggilan TRK ini mengatakan sudah turun langsung melihat kondisi tebing sungai yang semakin kritis tergerus erosi di wilayah Gampong Latong dan Lhok Pante Cermen, Senin, 22 Mei 2023.

Mengutip keterangan Keucik Latong, Imam Sujari, tebing pengaman sungai tersebut selesai dibangun pada tahun 2017 dengan dana bersumber dari APBN. Namun dalam perjalananya telah terjadi beberapa kali luapan sungai mengakibatkan kikisan di dasar tepi sungai mengakibatkan ambruknya tanggul pengaman.

“Dasar bronjong terkikis mengakibatkan tanggul ambruk,” kata Imam.

TRK menambahkan, saat ini jarak tebing pengaman dengan permukiman penduduk sekitar 100 meter sehingga berpotensi terjadinya erosi yang meluas ke permukiman.

“Perlu respons cepat karena sangat berpotensi terjadinya luapan ke permukiman penduduk,” lanjut politisi Partai Golkar tersebut.

TRK menjelaskan, Nagan Raya merupakan wilayah dengan intensitas hujan yang relatif tinggi, sehingga dengan ambruknya tebing pengaman sungai tersebut bisa mengakibatkan laju erosi tidak terkontrol sebagai dampak berubahnya morfologi sungai.

“Yang terancam bukan hanya permukiman tetapi juga lahan pertanian dan perkebunan termasuk jembatan rangka baja Latong-Alue Buloh yang merupakan penghubung Kecamatan Seunagan dengan Kabupaten Aceh Barat,” demikian TRK.

[]