Ribuan Jamaah Padati Masjid Nabawi pada Shalat Jumat Perdana

Suasana shalat Jumat perdana di Masjid Nabawi pada musim haji 1444 H, 26 Mei 2023. (Foto: ngopibareng.id)

PORTALNUSA.com | MADINAH – Ribuan jamaah calon haji (JCH) dari beraagai negara di dunia memadati Masjid Nabawi di Madinah pada pelaksanaan shalat Jumat perdana, 26 Mei 2023. Secara berangsur-angsur, JCH dari Indonesia juga mulai memadati Madinah.

JCH shalat Jumat perdana datang dari berbagai tempat penginapan di Markaziyah atau Kompleks Masjid Nabawi. Jarak hotel dengan masjid yang hanya sekitar 100 meter membuat JCH antusias datang ke masjid

Salah satunya, Sukarman,70, JCH Kloter 1 asal DKI Jakarta. Sukarman menginap di Artal International Hotel Company.

“Saya mau ke masjid, mau shalat Jumat,” ujarnya.

Dia mengaku, shalat ke Masjid Nabawi merupakan bagian dari ibadah Arbain yang sudah dijalaninya sejak tiba di Madinah, dua hari lalu.

Apalagi jarak antara tempat penginapan dan masjid cukup dekat. “Mumpung di sini (Madinah) saya ingin perbanyak ibadah,” ucap warga Cengkareng, Jakarta Barat tersebut.

Hal senada dikatakan Abu Salam Sayuti, jJCH Kloter 2 asal Cianjur, Jawa Barat. Ditemui di Pos 21, Abu yang mengalami sakit  di bagian pinggang memilih untuk beristirahat di Pos 21. Sementara rombongan yang dibawanya tetap melanjutkan ke masjid “Saya baru sampai semalam. Tadi saya sama rombongan memang ingin jumatan di masjid,” katanya.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga Jumat, 27 Mei 2023 sudah 13.407 JCH Indonesia dari 34 kloter tiba di Madinah. Mereka tersebar di berbagai penginapan di sekitar Masjid Nabawi.[]